Pemuda Nias siap tampil pada Asian Games 2018

id Nias,Lompat batu,Asian games,Alex noerdin

Pemuda Nias siap tampil pada Asian Games 2018

Pemuda Nias melakukan lompat batu dihadapan Gubenur Sumsel Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Minggu (24/6/18). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Ketua Masyarakat Nias Wilayah Sumatera Selatan Prof Fakhili Gulo mengatakan pemuda Nias di Kota Palembang siap berpartisipasi pada Asian Games apabila diminta.

"Kami masyarakat nias sudah menikmati hasil pembangunan Pemkot Palembang, termasuk penyelenggaraan asian games kami siap mensukseskan, pemuda-pemudi nias juga siap kalau disuruh tampil dalam pembukaan atau penutupan Asian Games," ujar Fakhili Gulo di hadapan Gubenur Sumsel saat pagelaran seni adat Nias di Palembang, Minggu.

Sementara itu lompatan batu pemuda-pemuda asal Pulau Nias Sumatera Utara di atas batu setinggi 2 meter memukau Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. 

Sebanyak 7 pelompat secara bergantian melompati batu 20 kali lebih di hadapan Gubernur dan ratusan tamu undangan dengan iringan musik tradisional, tiap pelompat berhasil melewati batu. 

Level kesulitan tinggi batu ditingkatkan pada sesi kedua, seorang pelompat tidur di atas batu untuk dilewati pelompat dan semuanya berhasil membuat tamu berdecak kagum. 

Alex Noerdin langsung menyalami semua pelompat dan memberikan hadiah atas keberhasilan semua lompatan berupa tiket pesawat gratis. 

"Luar biasa!  Lompat batu sebagai tradisi yang sudah mendunia wajib dipertahankan, semua pelompat saya beri tiket pesawat pulang-pergi gratis  dari Palembang ke tanah Nias, karena semuanya masih mahasiswa," kata Alex Noerdin disambut sorak penonton. 

Alex Noerdin merekomendasikan pembangunan sanggar budaya masyarakat Nias di Kota Palembang dan Ia berharap masyarakat Nias ikut berpartisipasi serta menyukseskan penyelenggaraan Asian Games. 

Dalam acara itu pula Alex Noerdin diperkenankan memakai busana adat Nias lengkap dengan topi dan pedang sebagai tanda orang kehormatan masyarakat Nias.  

Selain lompat batu,  Masyarakat Nias Sumatera Selatan juga menampilkan beberapa tarian seperti tari moyo, tari perang, dan salam khas warga Nias.