Kemenkumham Sumsel menjaring notaris berkualitas dengan CAT

id Kemenkumham Sumsel, lakukan seleksi CAT, cat, jaring notaris, notaria, notaris berkualitas, kualitas

Kemenkumham Sumsel menjaring notaris berkualitas dengan CAT

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memantau kegiatanĀ seleksi CATĀ jaring notaris berkualitas. ANTARA/Yudi Abdullah/24

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menggelar seleksi menggunakan komputer (Computer Assisted Test/CAT) guna menjaring notaris berkualitas.

"Hari ini digelar ujian menggunakan CAT untuk menyeleksi calon notaris pada 2024 ini," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, untuk wilayah Sumsel jumlah calon notaris yang mengajukan permohonan untuk mengikuti seleksi berjumlah 105 orang, akan tetapi yang hadir mengikuti tes hanya 100 orang.

Seleksi tersebut dilakukan melalui dua tahapan, yakni pertama mengguna metode CAT BKN, dilanjutkan dengan ujian essai membuat akta notaris.

Seleksi tersebut dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan pengangkatan notaris berdasarkan Permenkumham No.19 Tahun 2019 tentang Syarat dan Tata Cara Pengangkatan, Cuti, Perpindahan, Pemberhentian, dan Perpanjangan Masa Jabatan Notaris.

Sertifikat kelulusan CAT akan digunakan sebagai pengganti sementara syarat dokumen pendukung pengangkatan notaris.

Dalam penyelenggaraan seleksi tersebut, Kemenkumham bekerja sama dengan BKN, sehingga hasilnya lebih objektif dan akuntabel.

Setiap peserta menjalani pemeriksaan yang ketat melalui teknologi face recognition dan body checking menggunakan metal detector untuk menjamin keamanan dan integritas proses seleksi.

"Mari bersama-sama kita berdoa agar semua peserta yang mengikuti seleksi hari ini bisa lulus menjadi notaris,” ujar Kakanwil Ilham

Sementara Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar saat membuka kegiatan secara virtual mengatakan ujian melalui mekanisme CAT ini dilaksanakan untuk menjaring calon-calon notaris yang berkualitas, memiliki integritas tinggi, dan profesional.

"Hari ini sebanyak 3.526 calon notaris mengikuti seleksi secara serentak di Kanreg BKN seluruh Indonesia. Hal ini sebagai wujud komitmen Kemenkumham yang mempunyai tanggung jawab dalam menjaga kualitas dari notaris yang diangkat,” ujar Cahyo.