Kantor KAI Palembang menggunakan PLTS dukung pengurangan emisi karbon

id sumsel,palembang,plts,pengurangan emisi,kai palembang

Kantor KAI Palembang menggunakan PLTS dukung pengurangan emisi karbon

Gedung Kantor Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), di Palembang, Rabu (2/10/2024). ANTARA/HO/KAI Palembang

Palembang (ANTARA) - Gedung Kantor Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau solar panel dalam rangka mendukung pengurangan emisi karbon.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Rabu, mengatakan, semangat HUT ke 79 KAI, bertemakan safety and Sustainability. Maka dari itu, pihaknya telah melakukan implementasi solar panel di kantor Divre III Palembang, dengan total kapasitas 122 kilowatt peak (kWp) dengan berkontribusi rata-rata sebesar 60 persen dari kebutuhan listrik bangunan.

“Implementasi PLTS di lingkungan KAI ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk turut serta menghijaukan Indonesia melalui Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Langkah ini juga selaras dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi gas rumah kaca menuju Net Zero Emission di 2060,” katanya.

Ia menjelaskan, sistem PLTS yang dibangun KAI ini menggunakan sistem On Grid, di mana sistem PLTS terhubung dengan jaringan listrik PLN sehingga listrik pada bangunan aset KAI tetap andal dalam melayani kebutuhan pelanggan KAI.

"Sistem PLTS yang terpasang sudah terhubung dengan jaringan internet sehingga energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat dimonitor secara realtime melalui komputer ataupun aplikasi pada perangkat handphone," jelasnya.

Ia mengatakan pembangunan solar panel ini melanjutkan roadmap implementasi solar panel KAI. Setelah sebelumnya dilakukan implementasi PLTS pada 42 Stasiun, 2 Gedung kantor dan 2 Balai Yasa yang berada di daerah operasi.

KAI berencana akan memperbanyak implementasi PLTS secara bertahap pada tahun 2024 di aset bangunan KAI baik di bangunan stasiun, balai yasa, kantor, maupun di Griya Karya.

“KAI konsisten mengaplikasikan ESG di perusahaan dengan harapan akan terwujud bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian, KAI dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggannya,” kata Aida.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kantor KAI Palembang gunakan PLTS dukung pengurangan emisi karbon