Tim dokter RSUD Sungailiat temukan penyakit Kawasaki pada balita

id Temuan penyakit kawasaki di Bangka,Direktur RSUD Depati Bahrin Bangka Yogi,Sungailiat Bangka

Tim dokter RSUD Sungailiat temukan penyakit Kawasaki pada balita

Tim dokter RSUD Depati Bahrin Sungailiat sedang melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang didianogsa mengidap penyakit Kawasaki, Kamis (19/9). (ANTARA/Kasmono/HO- Humas RSUD Depati Bahrin

Sungailiat (ANTARA) - Tim dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menemukan penyakit Kawasaki yang menyerang seorang balita berinisial RA (4), warga Kota Sungailiat.

Dokter spesialis anak RSUD Depati Bahrin, dr Fadhilah Ihsani, SpA, Kamis, mengatakan penyakit Kawasaki baru pertama kali ditemukan di rumah sakit itu.

Ia menjelaskan, penyakit Kawasaki atau Kawasaki disease adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah "vasculitis" dan umumnya menyerang anak-anak, terutama yang berusia di bawah lima tahun.

Balita itu diketahui terserang penyakit Kawasaki setelah dilakukan tindakan operasi dan didapati usus buntunya sudah meradang. Operasi dilakukan sesuai anjuran dr Goklash, SpB sebagai dokter penanggung jawab pelayanan.

Namun setelah operasi, demam pasien tidak menurun, justru muncul gejala mata merah, pembengkakan di kaki, dan kuku membiru.