APP Group raih penghargaan industri hijau di AIGIS 2024

id Sumsel, app groups, sinar mas, aigis 2024

APP Group raih penghargaan industri hijau di AIGIS 2024

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia), unit usaha dari APP Group, menerima Penghargaan Industri Hijau. (ANTARA/HO/Corsec)

Jakarta (ANTARA) - Dalam rangkaian acara Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS) 2024, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia), unit usaha dari APP Group, menerima Penghargaan Industri Hijau.

Acara yang berlangsung di The Sultan Hotel & Residence Jakarta ini bertujuan memperkuat komitmen nasional dalam mengurangi emisi industri, mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan, dan menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa peningkatan nilai tambah manufaktur di Indonesia dilakukan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip industri hijau yang berkelanjutan.

"Kami yakin dapat mencapai net zero emission pada sektor manufaktur di tahun 2050, lebih awal 10 tahun dari target nasional tahun 2060," ungkapnya.

Agus juga menambahkan bahwa penghargaan ini mencerminkan keberhasilan Perusahaan dalam mencapai efisiensi sumber daya serta memitigasi emisi dan limbah secara lebih baik.

"Perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh industri di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan," terangnya.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan AIGIS 2024, penghargaan Industri Hijau diberikan kepada Perusahaan-perusahaan yang menunjukkan komitmen kuat dalam mengurangi jejak karbon dan meningkatkan efisiensi energi melalui penerapan teknologi hijau.

Tjiwi Kimia diakui atas pencapaian signifikan dalam pemanfaatan energi terbarukan serta inisiatif-inisiatif berkelanjutan yang sejalan dengan visi keberlanjutan.

Penghargaan ini menurut dia merupakan pengakuan atas komitmen untuk terus berinovasi dalam menjaga keseimbangan antara keberlanjutan lingkungan dan pertumbuhan industri.

"Inisiatif-inisiatif kami, termasuk pemanfaatan energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon, sejalan dengan visi APP Group dalam Sustainability Roadmap Vision 2030, yang bertujuan menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan," kata Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata.

Selain menerima penghargaan, APP Group juga berpartisipasi dalam pameran AIGIS 2024 dengan menampilkan berbagai inisiatif keberlanjutannya di booth mereka.

Para pengunjung dapat mengeksplorasi lebih lanjut tentang langkah-langkah APP Group dalam menerapkan teknologi hijau, seperti pemanfaatan bioenergi, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), serta produk ramah lingkungan seperti kertas dan tisu, serta kemasan Enza, dan Foopak yang ramah lingkungan.

AIGIS 2024 merupakan platform penting yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian untuk mempercepat transformasi industri menuju keberlanjutan. Dengan tantangan perubahan iklim yang semakin mendesak, industri hijau menjadi kunci untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang tetap ramah lingkungan.

Acara ini mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dari pemerintah, industri, akademisi, dan organisasi masyarakat untuk berkolaborasi dalam mencapai Net Zero Emission pada 2060.