Dinihari jelang Idul Adha, warga OKU kembali kena banjir

id Bencana banjir, banjir di OKU Idul Adha, evakuasi korban, BPBD OKU

Dinihari jelang Idul Adha, warga OKU kembali kena banjir

Bencana banjir melanda Kabupaten OKU pada Minggu (16/6/2024) malam. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengevakuasi ribuan warga yang terdampak bencana banjir di wilayah itu guna mengantisipasi korban jiwa.  

Manajer Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi di Baturaja, Senin mengatakan bahwa intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (16/6) pukul 23.15 WIB menyebabkan bencana banjir yang merendam sejumlah wilayah di kabupaten setempat.

Adapun wilayah terdampak banjir akibat luapan Sungai Ogan tersebut tersebar di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Baturaja Timur, Lubuk Batang dan Lubuk Raja.

Berdasarkan data tercatat sebanyak 1.245 rumah warga di wilayah tersebut terdampak bencana banjir dengan ketinggian air antara 30 centimeter hingga dua meter.  

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, sebanyak 3.562 jiwa penduduk terdampak bencana alam dan sebagian besar dari mereka terpaksa mengungsi ke tempat keluarga terdekat hingga banjir surut.  

Dalam penanganan banjir pihaknya menerjunkan personel ke lokasi bencana alam untuk mengevakuasi warga terdampak bencana alam supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Dalam proses evakuasi sedikitnya dua unit perahu karet dikerahkan untuk mengangkut warga dari rumah yang terdampak banjir ke tempat yang aman.

"Hingga pagi tadi banjir di sebagai besar wilayah yang terdampak sudah berangsur surut," katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, personel BPBD OKU masih di lokasi bencana alam untuk membantu warga membersihkan material sisa banjir yang masuk ke dalam rumah.

Dalam kesempatan tersebut, Gunalfi kembali mengingatkan masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana susulan supaya tidak menimbulkan korban jiwa.