355 hewan disembelih pada Idul Adha 1445 H di Muara Enim

id sumsel, muara enim,idul adha 2024, idul adha,kurban

355 hewan disembelih pada Idul Adha 1445 H di Muara Enim

Sebanyak 355 hewan kurban di Kabupaten Muara Enim disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriyah dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim (ANTARA) - Sebanyak 355 hewan kurban di Kabupaten Muara Enim disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriyah dan  dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Hal itu diungkapkan oleh Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali di Muara Enim.

Menurut dia, jumlah itu berdasarkan  data yang dihimpun dari tiap desa, kecamatan maupun informasi dari orang yang berkurban (shobibul qurban).

Hal itu juga merupakan bagian mendukung Gerakan Berkurban Serentak Se-Sumsel tahun 2024 yang diinisiasi Pj Gubernur Sumsel. Bupati-pun memastikan hewan berkurban tersebut bebas penyakit mulut dan kuku (PMK).
.
Pj Bupati menyampaikan dirinya mendukung program berkurban serentak yang digagas oleh Pj Gubernur Sumsel. Dirinya berharap program ini dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat prasejahtera.

Dirinyapun beberapa waktu lalu telah menginstruksikan para panitia, camat, perangkat desa dan dinas terkait, khususnya Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP untuk memastikan hewan kurban bebas dari PMK ataupun penyakit lainnya. Menurutnya hal tersebut sangat penting dalam menjamin kualitas, kesehatan dan keamanan daging untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Pj Gubernur menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan wujud sinergitsias bagi antar-pemerintah daerah guna memastikan penyaluran hewan kurban berjalan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

Tak lupa dirinya menghimbau seluruh kepala daerah untuk memastikan jalannya Salat Idul Adha, termasuk pendistribusian daging kurban dilaksanakan dengan tertib.