Ini barang-barang perlu dibawa jamaah calon haji saat Armuzna

id Armuzna, wukuf, puncak haji, jamaah haji, haji,berita palembang, berita sumsel

Ini barang-barang perlu dibawa jamaah calon haji saat Armuzna

Umat muslim melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (6/6/2024). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Makkah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengumumkan sejumlah barang yang perlu dibawa oleh jamaah calon haji Indonesia saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Saat berangkat pada 14 Juni nanti, jamaah laki-laki harus sudah memakai pakaian ihram. Kalau diperlukan membawa pakaian ihram cadangan. Ibu-ibu memakai pakaian yang menutup aurat," ujar Kepala Bidang Akomodasi Zaenal Muttaqin di Makkah, Selasa.

Zaenal mengatakan jamaah membawa tas yang digunakan untuk membawa paspor, obat-obatan, dan perlengkapan pribadi. Jamaah juga jangan lupa membawa smartcard atau kartu nusuk.

Kartu yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi itu akan di-scan sebelum naik ke bus. Jamaah yang tidak bisa menunjukkan smartcard tidak bisa masuk ke Armuzna.

Selain itu, kata Zaenal, jamaah juga diminta membawa pakaian ganti yang cukup untuk dua hingga tiga hari. Mulai pakaian dalam dan pakaian sehari-hari. Juga jangan lupa membawa perlengkapan untuk mandi seperti handuk kecil, sabun, shampo, dan sikat gigi.