Dokter syaraf sebut Hipertensi rusak organ tubuh sebelum ada gejala

id hipertensi,perhimpunan dokter hipertensi indonesia,inash,dampak hipertensi pada otak

Dokter syaraf sebut Hipertensi rusak organ tubuh sebelum ada gejala

Dokter Spesialis Syaraf Eka Harmeiwaty dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (InaSH) di Jakarta, Jumat (23/2/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Dokter syaraf menyebut penyakit hipertensi dapat merusak organ tubuh dan syaraf selama bertahun-tahun sebelum ditemukan adanya gejala lebih lanjut.

“Tanpa disadari, hipertensi bisa merusak organ selama bertahun-tahun sebelum ada gejala. Apabila tidak diobati, hipertensi dapat menyebabkan disabilitas,” kata Dokter Spesialis Syaraf dr. Eka Harmeiwaty Sp.S dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dokter yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (InaSH) itu menuturkan, kondisi hipertensi yang tidak tertangani menyebabkan menurunnya kualitas organ-organ tubuh, sehingga kualitas hidup pasien memburuk.

Penderita hipertensi yang sudah sangat kompleks dapat terkena gangguan kognitif hingga demensia. Penyebabnya yakni kerusakan endotel pada pembuluh darah akibat berkurangnya aluran darah sehingga suplai oksigen dan nutrien tidak cukup dan menurunkan neurotransmiter yang menyebabkan kerusakan sel neuron.

Hipertensi bahkan mampu menyebabkan kematian karena kerusakan organ target seperti otak, jantung dan ginjal.

“Pasien yang pernah mengalami stroke berisiko menjadi demensia yang dikenal dengan demensia vaskular. Selain berdampak langsung pada susunan syaraf, hipertensi juga bisa terjadi akibat komplikasi hipertensi pada organ lain yang terjadi lebih dulu seperti atrial fibrilasi, infark miokard dan gagal jantung,” ujarnya.