Otorita IKN gandeng ANTARA dan mitra kembalikan kejayaan buah lokal

id Otorita IKN,gandeng ANTARA ,dan mitra ,kembalikan, kejayaan buah lokal,berita palembang, berita sumsel

Otorita IKN gandeng ANTARA dan mitra kembalikan kejayaan buah lokal

Penanaman bibit buah lokal oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri (ketiga kiri), didampingi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi (kanan), beserta perwakilan PT Kideco, BI Kaltim, Telkomsel, serta Pemerintah Desa Suko Mulyo dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Minggu (17/12/2023). ANTARA/Ghofar

Penajam Paser Utara (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng Perum LKBN ANTARA, Bank Indonesia Kalimantan Timur, PT Kideco Jaya Agung serta Telkomsel berkolaborasi mengembalikan kejayaan buah-buah lokal lewat gerakan penanaman di Desa Suko Mulyo, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Desa Suko Mulyo itu masuk kawasan IKN Nusantara, yang merupakan salah satu kawasan pengembangan IKN. Desa itu diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan dan penyangga lingkungan," kata Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri di Penajam Paser Utara, Minggu (17/12).

Myrna meminta penanaman buah lokal itu tidak hanya kegiatan tunggal dari ANTARA dan para mitra, melainkan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat di sekitar kawasan Agrotechno Edupark IKN.

"Kegiatan seperti ini diharapkan bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, kami menyediakan lahan dalam area tertentu sebagai lokus kegiatan penanaman itu, yang merupakan kerjasama antara pemerintah desa, LKBN ANTARA, dan para mitranya," ujarnya.

Sementara, Perum. Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA berkomitmen untuk melanjutkan perawatan pohon buah lokal yang ditanam itu lewat konsep adopsi dengan melibatkan unsur pimpinan dan masyarakat Desa Suko Mulyo.

"Kami sangat bersyukur, hari ini bisa ikut menyaksikan dan melakukan penanaman pohon yang menunjukkan bahwa Perum LKBN ANTARA, di usianya yang 86 tahun, dapat mewujudkan beyond the news. Kami juga memberikan kemanfaatan yang sangat ditunggu oleh masyarakat, khususnya di Kalimantan Timur," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi.