Dishub Sumsel cek kelaikan kendaraan umum jelang angkutan Natal-Tahun Baru

id Dishub Sumsel,Pengecekkan kelaiakan kendaraan umum,sumsel,Ramp check

Dishub Sumsel cek kelaikan kendaraan umum jelang angkutan Natal-Tahun Baru

Dua unit bus AKAP tengah mengantre untuk rem cek di Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar Kota Palembang, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/HO))

Palembang (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatra Selatan melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) kendaraan umum menjelang momen libur hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna memastikan keselamatan dari masyarakat yang akan berpergian mudik.

Kepala Dinas Perhubungan Arinarsa di Palembang, Rabu, mengatakan ramp check tersebut untuk moda transportasi darat maupun laut dan akan dilakukan di setiap pool kendaraan dan juga terminal dan akan dilakukan pada tanggal 18 Desember 2023.

Ia menjelaskan pengecekan akan dilakukan pada administrasi berupa bukti lulus uji, izin operasional, SIM dan STNK. Kemudian secara teknis pada sistem penerangan kendaraan, pengereman, kondisi ban, perlengkapan kendaraan dan lainnya untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

"Ramp check ini akan dilakukan setiap pool perusahaan otobus (PO) dan terminal dengan melibatkan kepolisian, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), serta instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, kelaikan kendaraan sangat penting, sebab pada momen tersebut trayek kendaraan akan meningkat, sehingga faktor keamanan dan keselamatan penumpang sangat penting. Ramp check juga dilakukan agar tidak terjadi insiden yang dapat membahayakan keselamatan pelaku perjalanan.

“Pada pemeriksaan ramp check apabila kendaraan tidak memenuhi faktor keamanan dan keselamatan, sementara waktu tidak boleh jalan. Maka dari itu, kami berharap para pengendara bisa melakukan perbaikan atau mengganti bagian kendaraannya yang sudah tidak laik," jelasnya.

Selain itu, Ari mengatakan pihaknya juga akan membuka posko Nataru di berbagai daerah di Sumsel. Dalam posko tersebut disediakan tempat istirahat untuk pengendara yang ingin beristirahat karena kelelahan.

“Namun saat ini karena ada rest area, khususnya di tol tempat istirahat ini jarang terpakai. Meskipun begitu, kami meminta pengendara untuk selalu berhati-hati ketika berkendara dan beristirahat jika kelelahan,” kata dia.