Presiden sampaikan cawe-cawe dalam kapasitas senior HIPMI

id Presiden Jokowi, Joko Widodo, cawe-cawe HIPMI, Rakernas HIPMI,hipmi

Presiden sampaikan cawe-cawe dalam kapasitas senior HIPMI

Tangkapan layar - Presiden RI Joko Widodo saat berpidato dalam Rakernas XVIII HIPMI di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). ANTARA/Andi Firdaus

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa cawe-cawe yang disampaikan dalam forum Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2023, disampaikan-nya dalam kapasitas sebagai anggota senior organisasi tersebut.

"Saya ini kan HIPMI juga. Kategorinya mungkin HIPMI senior lah. Pak Abdul Latief (senior pendiri HIPMI) menyampaikan bahwa saya masuk HIPMI senior. Kalau memberikan pengarahan kepada adik-adik saya kan ngak apa-apa," kata Jokowi usai menghadiri Rakernas XVIII HIPMI di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Jokowi mengatakan bentuk arahan yang disampaikan dalam forum tersebut seputar kebijakan hilirisasi dan industrialisasi bahan mentah hingga pengemasan untuk nilai tambah produk di dalam kompetisi pasar.

Menurut Jokowi kebijakan tersebut telah memiliki perhitungan yang jelas untuk memberi lompatan bagi Indonesia menjadi negara maju.

"Hitung-hitungannya jelas sekali. Bahwa hilirisasi, industrialisasi akan melompatkan kita menjadi negara maju. Hitung-hitungannya ada, kalkulasi-nya ada, kalau yang mau bantah, juga silakan," katanya saat ditanya apakah hilirisasi harus dilanjutkan oleh presiden berikutnya.

Saat ditanya wartawan, apakah akan mengarahkan organisasi HIPMI untuk mendukung salah satu kandidat di kontestasi politik? Jokowi mengatakan bahwa agenda Rakernas HIPMI merupakan urusan dunia usaha.