Pertamina Sumbagsel ajak warga pakai BBM ramah lingkungan

id sumsel,bbm ramah lingkungan,polusi udara,pertamina,Pertamina Sumbagsel ajak warga beralih,warga beralih ke bahan bakar r

Pertamina Sumbagsel ajak warga pakai BBM ramah lingkungan

Masyarakat saat mengisi bahan bakar ramah lingkungan, yaitu Pertamax Turbo di Palembang, Sabtu (19/8/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) mengajak warga di wilayah itu agar beralih ke bahan bakar ramah lingkungan seperti Pertamax Turbo dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Ahmad Zibali Hisbul Masih di Palembang, Sabtu, mengatakan BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Kemudian, sebagai upaya dalam mendorong penggunaan BBM berkualitas, Pertamina meresmikan komunitas otomotif MyPertamina Motorclub di Palembang.

"Bersama dengan aktivasi MyPertamina Motorclub, kami mengapresiasi secara penuh kepada IMI (Ikatan Motor Indonesia), yang sudah memperkenalkan dan membantu mempromosikan penggunaan BBM Berkualitas seperti Pertamax Turbo kepada komunitas motor. Dan Program MyPertamina Tebar Hadiah (MTH) merupakan salah satu langkah inovatif Pertamina Patra Niaga untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia pengguna produk Pertamina melalui aplikasi MyPertamina," katanya.

Selain itu, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatra Selatan (DLHP Sumsel) menggelar uji emisi gas buang kendaraan gratis bagi pelanggan SPBU.

"Uji emisi ini untuk mengukur emisi gas buang dari kendaraan bermesin bahan bakar bensin maupun diesel dengan menggunakan alat khusus yang disebut Gas Analyzer," jelasnya.

Dengan mengetahui kadar emisi dari kendaraan masing-masing, diharapkan masyarakat dapat menggunakan bahan bakar ramah lingkungan seperti Pertamax Turbo sebab menghasilkan emisi karbon lebih rendah.

"Saya kira ini menjadi konsen kita bersama, Pertamina sebagai sumber energi nasional yang berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon salah satunya adalah dengan mendorong penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Zibali.

Sementera itu, Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan DLHP Sumsel Indera Permana Aditya mengatakan uji emisi tersebut dilakukan dalam mewujudkan udara yang berkualitas.

"Uji emisi ini dilakukan sebagai bentuk nyata dari komitmen Pertamina dalam membantu terwujudnya kualitas udara yang bersih, sehingga kami mendukung penuh kegiatan ini untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata dia.