Mentan: Hilirisasi pangan lebih menunjang pertumbuhan

id mentan,syahrul yasin limpo,hilirisasi non mineral

Mentan: Hilirisasi pangan lebih menunjang pertumbuhan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat ditemui di Gedung Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (16/8/2023). ANTARA/Kuntum Riswan

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan bahwa ke depannya hilirisasi sektor pangan akan lebih menunjang pertumbuhan dan pendapatan negara dibandingkan hilirisasi sektor tambang dan mineral.

Pernyataan tersebut disampaikannya menanggapi pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI 2023 yang menyatakan pemerintah akan melakukan hilirisasi pada komoditas nonmineral seperti sawit, rumput laut, dan kelapa.

"Kita lagi berproses dengan hilirisasi yang akan jalan itu, bukan hanya hilirisasi tambang dan mineral, tetapi hilirisasi pangan yang akan menunjang lebih banyak," kata Mentan kepada ANTARA saat ditemui di Gedung Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu malam.

Sebagai bentuk keseriusan mewujudkan hilirisasi di bidang pertanian, lanjutnya, ia telah memerintahkan setiap direktorat di Kementerian Pertanian untuk memacu hilirisasi di 51 komoditas dari total 300 komoditas pangan yang telah dihilirisasi.