LKBN ANTARA gelar UKW di Kendari

id LKBN ANTARA. UKW wartawan, tjsl

LKBN ANTARA gelar UKW di Kendari

Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2023 yang digelar Lembaga Pendidikan Antara (LPA) di Kendari, Rabu, sedang mengikuti materi wawancara cegat. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Jakarta (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA melalui Lembaga Pendidikan ANTARA (LPA) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 8 Agustus 2023, yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA, Azhari dan diikuti oleh tujuh orang peserta dari berbagai media setempat.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring melalui Platform Zoom, Azhari mengatakan bahwa UKW ANTARA yang kali ini mengusung tema “UKW bukti nyata dukungan Kantor Berita Antara untuk penguatan kompetensi insan Pers Indonesia”,  diharapkan dapat menjamin bahwa seseorang yang berprofesi sebagai wartawan, terbukti dan terukur secara sah menjadi jurnalis profesional, untuk tingkatan muda, madya, atau utama.

Azhari juga menjelaskan, dalam proses UKW, wartawan profesional kelompok muda diharuskan memiliki perencanaan dalam meliput suatu acara. Sementara itu untuk wartawan profesional kelompok madya harus dapat membuat liputan investigasi atau indepth.

“Ada banyak hal bersifat teknis, yang disebut sebagai pengetahuan atau ketrampilan  jurnalistik, yang sangat vital dimiliki wartawan profesional, sebelum dia berhak mendapatkan sertifikat dan kartu kompetensI’, jelas Azhari.

Dalam kesempatan yang sama, hadir secara luring mewakili Kantor Berita Antara pusat Jakarta, Manajer Humas dan Kemitraan Esti Oktaviani yang dalam pernyataannya mengatakan, program UKW ini menjadi salah satu bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari Perum LKBN ANTARA yang juga menjadi media pemersatu dan penjaga optimisme bangsa
Sebagai satu-satunya Kantor Berita milik negara, ANTARA ingin menjaga komitmen untuk terus memberikan perhatian mengenai kompetensi rekan-rekan media, terutama yang
berada di daerah.

Seperti tema yang diusung, program UKW menjadi langkah nyata ANTARA dalam meningkatkan kualitas penguatan keahlian atau kompetensi rekan-rekan media di Indonesia, karena ANTARA menyadari, institusi media harus ditopang jurnalis-jurnalis yang kompeten dan profesional.

Dengan berjalannya program UKW ini juga menjadi bukti bahwa ANTARA sebagai BUMN dan Kantor Berita Negara yang berdampak penting bagi publiknya, termasuk dengan turut memajukan dan meningkatkan kompetensi komunitas media di seluruh Indonesia.

Kehadiran ANTARA diharapkan sebagai penguat keberlanjutan industri media di tanah air serta penyedia solusi layanan komunikasi dan ekosistem media. Melalui ANTARA, negara hadir untuk menjamin tugas-tugas jurnalistik oleh arus media utama.

UKW ANTARA diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Antara (LPA) sebagai Lembaga Pendidikan yang telah memiliki kapabilitas untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan standar nasional dan telah diakui oleh Dewan Pers.

Sejak tahun 2019 s/d awal tahun 2023 Kantor Berita ANTARA melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah memfasilitasi wartawan di berbagai daerah Jabodetabek, Banjarmasin, Kendari dan Medan sebanyak 135 wartawan yang lulus sertifikasi jenjang Muda, Madya dan Utama.