Pengamat sebut penghapusan kredit macet UMKM demi dorong ekonomi

id kredit macet umkm,umkm sumut,umkm medan,airlangga hartarto,kredit perbankan

Pengamat sebut penghapusan kredit macet UMKM demi dorong ekonomi

Arsip foto - Pelaku UMKM Medan mengerjakan kriya berupa cincin di salah satu stan pameran "Bulan Layanan UMKM" 2023 di Medan, Rabu (28/6/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Medan (ANTARA) - Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Gunawan Benjamin mengatakan upaya penghapusan kredit macet UMKM di perbankan oleh pemerintah salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ketika berada di situasi ekonomi seperti saat ini, di mana penyaluran kredit melambat, motor penggerak ekonomi memang harus didorong. UMKM ini elemen strategis di perekonomian nasional," ujar dia di Medan, Senin.

UMKM, menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, berkontribusi 60,5 persen terhadap PDB dan menyerap 96,9 persen tenaga kerja nasional.

Namun, ia menilai, UMKM banyak yang terseok-seok bahkan tidak lagi beroperasi akibat pandemi COVID-19.

Salah satu penyebab utama hal itu, katanya, ketidakmampuan mereka membayar kredit ke bank. Usaha yang tidak menghasilkan keuntungan menjadi alasan.

"Jadi, dengan adanya penghapusan kredit macet itu, diharapkan pelaku UMKM yang lama bisa kembali bekerja. Kemudian, ada UMKM baru yang memulai bisnis," katanya.