Kehadiran orang tua penting pada tahunpertama kehidupan anak

id tumbuh kembang anak,pendidikan anak,hari anak nasional 2023,hari anak nasional,berita sumsel, berita palembang

Kehadiran orang tua penting pada tahunpertama kehidupan anak

Ilustrasi-Seorang ibu sedang menggendong bayinya. (ANTARA/HO-Doodle)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak RSIA Bunda Jakarta dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi Sp.A mengatakan kehadiran orang tua menjadi sangat penting pada satu tahun pertama kehidupan anak untuk menciptakan kelekatan atau bonding satu sama lain.

“Satu tahun bahkan dua tahun tokoh ibu atau orang tua itu menjadi sangat penting karena di sana adanya kelekatan atau bonding, anak-anak yang terpenuhi kelekatan dengan orang tua biasanya menjadi anak-anak yang mudah sekali untuk kita ajarkan sesuatu,” ucapnya dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan kedua orang tua harus bekerja sama menghadirkan kelekatan atau bonding kepada anaknya meskipun kedua orang tua bekerja. Paling tidak, kata dia, sediakan waktu saat pagi hari atau setelah pulang bekerja dan akhir pekan untuk tetap ada hadir untuk anak.

Sering kali juga orang tua berinisiatif untuk menyekolahkan anaknya di usia yang terlalu dini seperti usia 6 bulan agar anak memiliki kegiatan ketika orang tua bekerja dan tidak ada di rumah. Namun usia tersebut masih belum ideal karena ketahanan fisik anak masih lemah.