Tim Imigrasi Palembang melayani kepulangan haji hingga 3 Agustus

id Tim Imigrasi, haji, jamaah haji, paspor, imigrasi Palembang, layani kepulangan haji, debarkasi haji, smb 2 palembang, pe

Tim Imigrasi Palembang melayani kepulangan haji hingga 3 Agustus

Petugas Imigrasi Palembang lakukan pemeriksaan paspor jamaah haji. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan tiga tim dengan 50 personel untuk pelayanan pemeriksaan paspor jamaah haji di Debarkasi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mulai 6 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Kamis, mengatakan malam hari ini merupakan pelayanan kedatangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama.

Petugas melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 360 jamaah haji kloter pertama asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumsel.

Setelah melayani kedatangan kloter pertama jamaah haji dari Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, petugas secara bergantian melayani kedatangan jamaah haji hingga kloter terakhir yang dijadwalkan pada 3 Agustus 2023.

Sesuai data keberangkatan, saat kedatangan ini pihaknya siap melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian/paspor 8.192 orang, dengan rincian 7.012 orang jamaah haji asal Sumsel, dan 1.065 jamaah haji asal Kepulauan Bangka Belitung, dan 115 petugas yang terbagi dalam 23 kloter.

Diharapkan para jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang yang dapat menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik semuanya pulang ke Tanah Air sesuai jadwal dengan selamat dan dalam keadaan sehat, kata Ridwan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya meminta jajaran Imigrasi Palembang untuk memberikan pelayanan prima bagi jamaah haji saat kedatangan melalui Debarkasi Bandara Internasional SMB II Palembang.

Dengan pelayanan prima keimigrasian bagi jamaah haji Debarkasi Palembang, kata dia, bisa mendukung kelancaran pemeriksaan dokumen keimigrasian untuk kedatangan ke Tanah Air.

“Untuk memberikan pelayanan prima, tim imigrasi diminta melakukan koordinasi yang baik dengan pemangku kepentingan di asrama haji maupun di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," ujar Kakanwil Ilham.

Sedangkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil menjelaskan bahwa kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional SMB II, Kamis (6/7) sekitar pukul 22.15 WIB.

Terkait proses penjemputan jamaah oleh keluarga, diimbau pihak keluarga agar melakukan proses penjemputan di titik kumpul yang sudah ditentukan oleh kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) atau kabupaten/kota setempat, ujar Armet.