Presiden mau Indonesia contoh Korea Selatan sukses keluar "middle income trap"

id jebakan pendapatan menengah,middel income trap,presiden joko widodo,bonus demografi indonesia,bonus demografi korea sela

Presiden mau Indonesia contoh Korea Selatan sukses keluar "middle income trap"

Presiden RI Joko Widodo (tengah) secara simbolik memutar roda kemudi kapal dalam peluncuran rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025—2045 oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakrta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia  mencontoh Korea Selatan dalam hal kesuksesan keluar dari middle income trap atau jebakan negara berpendapatan menengah.

"Ini Korea Selatan contoh, dalam delapan tahun mampu keluar dari middle income trap," ujar Jokowi saat memberi arahan dalam peluncuran rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025—2045 oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Kamis.

Presiden menjabarkan bahwa Produksi Nasional Bruto (PDB) per kapita Korea Selatan pada 1987 hanya berada pada angka 3.500 dolar AS.

Lantas dalam kurun waktu delapan tahun kemudian, PDB per kapita Korsel melompat menjadi 11.800 dolar AS.

"Lompatan seperti ini perlu kita tiru, perlu kita contoh, karena kualitas sumber daya manusia, yang fokus pada teknologi dan produktivitas," kata Jokowi.