Kemenag OKU siapkan keberangkatan 248 calon haji ke Tanah Suci

id Jamaah calon haji, asrama haji, tanah suci, ibadah haji, Kantor Kementerian Agama

Kemenag OKU siapkan keberangkatan 248 calon haji ke Tanah Suci

Kasi Haji dan Umroh Kemenag OKU, Sumsel, Abdul Muis. (FOTO ANTARA/Edo Purmana/2023)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiapkan keberangkatan sebanyak 248 calon haji asal daerah itu ke Tanah Suci Mekah guna menjalankan ibadah haji.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag OKU Abdul Muis di Baturaja, Ahad mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) ke Asrama Haji Palembang yang dijadwalkan pada 10 Juni 2023.

Dalam keberangkatan menuju asrama haji, pemerintah daerah setempat menyiapkan sebanyak delapan bus pengangkut jamaah agar tidak berdesakan selama di perjalanan.

Selain bus, kata dia, pihaknya juga menyiapkan tiga unit truk guna mengangkut barang-barang bawaan jamaah untuk dibawa ke tanah suci.

"Jika tidak ada halangan jmaah calon haji (JCH) asal Kabupaten OKU yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada 12 Juni 2023," katanya.

Para jamaah calon haji tersebut diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang langsung menuju Arab Saudi sekitar pukul 06.30 WIB.

"Totalnya ada sebanyak 248 JCH asal OKU yang akan diberangkatkan nanti. Sehari sebelum diberangkatkan mereka terlebih dahulu menginap di Asrama Haji Palembang," katanya.

Menurut dia para JCH OKU berangkat ke Mekah bersama-sama dengan jamaah asal Kota Pagaralam dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) lainnya seperti KBIH Mandiri, PHD dan petugas haji yang berjumlah keseluruhan sekitar 360 orang.

Sebelum diberangkatkan, JCH OKU juga sudah melakukan serangkaian pembinaan mulai dari tes kesehatan, melakukan vaksinasi hingga bimbingan manasik haji.

"Kami mengimbau kepada para JCH OKU agar mempersiapkan bekal, diri dan menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah nanti," demikian Abdul Muis.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 248 calon haji disiapkan Kemenag OKU berangkat ke Tanah Suci Mekkah