HKI konstruksi fungsikan dua tol Trans Sumatera untuk fungsional Lebaran

id HKI,Konstruksi,Dua ruas tol,Trans Sumatera ,Fungsional Lebaran

HKI konstruksi fungsikan dua tol Trans Sumatera untuk fungsional Lebaran

Jalan Tol Trans Sumatera. ANTARA/HO - Hutama Karya Infrastruktur

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) mengerjakan konstruksi dua ruas tol Trans Sumatera yakni Binjai-Pangkalan dan Indralaya-Prabumulih untuk dapat fungsional pada Lebaran tahun ini.

"Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 12 km sebelumnya telah dioperasionalkan pada tahun 2022. Lanjutan Jalan Tol Binjai-Stabat yakni Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 km akan difungsionalkan untuk mudik Lebaran tahun ini. Progres fisik jalan Tol Stabat-Kuala Bingai per 7 April 2023 telah mencapai 95 persen dan akan siap difungsionalkan pada tanggal 15 April 2023 mendatang," ujar Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Aji menambahkan pada ruas tol ini HKI juga mengerjakan gerbang tol dan kantor gerbang tol yang terletak di Jalan Proklamasi, Desa Kuala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, yang dapat digunakan saat mudik Lebaran nanti.

Masyarakat pun bisa mengakses jalan tol mulai dari Medan-Binjai yang tersambung dengan Tol Binjai-Stabat, hingga Tol Stabat-Kuala Bingai.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 km juga akan difungsionalkan sepenuhnya, beserta dua rest area yang terletak di KM 56 yakni Rest Area di Jalur A (arah Prabumulih) dan Rest Area di Jalur B (arah Palembang).

“Pada setiap rest area ini, HKI mengerjakan sejumlah fasilitas umum seperti masjid, pujasera, klinik, bengkel, bangunan komersil, dan toilet,” kata Aji.

Fasilitas umum yang akan difungsionalkan yakni masjid dengan empat toilet dan tempat wudhu, serta pujasera dengan 7 toilet wanita dan 5 toilet pria.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih didesain untuk kecepatan maksimal 100 km/jam. Jalan tol ini memiliki dua simpang susun (interchange), yakni Interchange Indralaya dan Interchange Prabumulih, serta satu gerbang tol yang terletak di Desa Karangan, Kecamatan Kapak Tengah, Kotamadya Prabumulih.

Saat mudik Lebaran nanti, masyarakat pun bisa melewati jalan tol Palembang-Indralaya yang tersambung dengan Tol Indralaya-Prabumulih.

Jelang arus mudik Lebaran 2023, Hutama Karya memastikan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah siap untuk dilintasi pemudik.

Tidak hanya menyiapkan ruas tol JTTS yang telah beroperasi, Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah ruas JTTS untuk dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran tahun ini. Dua diantara ruas yang akan difungsionalkan tersebut yakni Ruas Binjai-Pangkalan dan Ruas Indralaya-Prabumulih. Adapun dua ruas ini tengah dibangun oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Saat ini, HKI juga masih mengerjakan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya seperti Jalan Tol Padang-Sicincin, dan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang. Untuk proyek nonJTTS, HKI sedang mengerjakan proyek SMO Construction Services di PHR Riau, Penggantian Jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Gending-Besuki Seksi II.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: HKI konstruksi dua tol Trans Sumatera untuk fungsional Lebaran