Warga Muba rasakan manfaat pasar Ramadhan

id pasar murah, Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, PT MBJ,Ratusan keluarga di pelosok Sumsel rasakan pasar Ra

Warga Muba rasakan manfaat pasar Ramadhan

Suasana pasar sembako murah Ramadhan 1444 Hijriyah PT. MBJ di Desa Pagar Desa, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/4/2023) (ANTARA/HO)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Ratusan kepala keluarga yang bermukim di kawasan pelosok Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) merasakan manfaat keberadaan pasar sembako murah bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Pasar sembako murah tersebut berlokasi di Desa Pagar Desa, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumsel yang mulai beroperasi pada Selasa (4/4) atas kerja sama antara perusahaan infrastruktur dan logistik PT Marga Bara Jaya dengan Pemerintah Kabupaten setempat.

Perwakilan PT Marga Bara Jaya (MBJ) Kang Adi, di Musi Bayuasin, Kamis, mengatakan pasar sembako murah diselenggarakan untuk membantu warga Desa Pagar Desa dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan makanan pokok selama beribadah puasa.

Perusahaan menyiapkan sebanyak 365 paket sembako berisi beras, gula, dan minyak goreng kualitas premium dan telur di pasar murah ini sesuai dengan kebutuhan dan jumlah warga desa.

Pihaknya mencatat ada sekitar 300 lebih kepala keluarga di Desa Pagar Desa dan sekitarnya yang menjadi target sasaran utama.

Setiap jenis sembako itu bisa didapatkan warga dengan harga murah atau potongan harga 50 persen dari harga pasaran, kata dia.

Adapun ketentuan pembagiannya masing-masing kepala keluarga dapat membeli 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula dan 10 butir telur hanya dengan harga Rp65 ribu secara berkelanjutan selama Ramadhan.

"Dibagikan kupon per kepala keluarga. Ada juga tim penggerak PKK dan kecamatan yang dilibatkan dalam pelaksanaanya untuk memastikan penyaluran proporsional," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pagar Desa, Firman Luhter Hia, mengatakan selain harganya terjangkau oleh warga yang notabene merupakan petani, keberadaan pasar ini juga mendekatkan mereka mendapatkan barang kebutuhan pokok.

Untuk diketahui, pusat perbelanjaan terdekat dari desa berada di wilayah Kecamatan Bayung Lencir yang berjarak sekitar belasan kilometer dengan medan terjal berbatu menggunakan sepeda motor.

Oleh sebab itu, ia menyebut, setiap kepala keluarga di Desa Pagar Desa tersebut selama ini cukup sulit mendapatkan sembako atau barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

"Sebelum ada inisiasi pasar murah ini bahkan tak jarang mereka harus bermalam di kecamatan sebelum kembali ke desanya yang berdampingan dengan hutan dan kebun," kata dia.

Luther berharap pasar murah ini bisa diadakan berkelanjutan di desanya atau bahkan bisa dipermanenkan melihat kebutuhan warganya.