BMKG: Wilayah Sumatera Selatan potensi hujan sore hingga malam ini

id bmkg,bmkg sumsel,wilayah sumsel,hujan,kilat

BMKG: Wilayah Sumatera Selatan potensi hujan sore hingga malam ini

Sejumlah pengendara menembus hujan saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (18/11). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Sumatera Selatan berpotensi mengalami hujan pada siang, sore hingga malam hari, Senin.

Rilis pers BMJG diterima di Palembang, Senin, menyebutkan pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan di 17 kabupaten/kota Sumsel.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Ogan Komering Ilir (OKI), Lahat, Muara Enim, Pagaralam, Ogan Komering Ulu Selatan, Banyuasin, Lubuk Linggau dan Empat Lawang.

Pada malam hari diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Lahat, Pagaralam, OKI, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi udara berkabut.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 derajat Celcius, kelembapan udara 56 persen - 97 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C, kelembapan udara 60 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut dari Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0,5 – 1,25 meter. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan, arah angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang – sore hari di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lahat, Muara Enim, Pagar Alam, Empat Lawang dan OKU Selatan.