100 tenaga kesehatan di OKU divaksin booster kedua

id Vaksinasi penguat, booster tahap 2, COVID-19, tenaga kesehatan, BIN Daerah Sumsel, Dinas Kesehatan OKU

100 tenaga kesehatan di OKU divaksin booster kedua

Seorang tenaga kesehatan di Kabupaten OKU divaksin dosis keempat atau booster kedua, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 100 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, divaksin COVID-19 dosis keempat atau booster kedua untuk menangkal penyebaran virus corona, kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto.

"Hari ini kami memulai vaksinasi penguat (booster) tahap kedua atau dosis keempat bagi nakes," kata Andi Prapto di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai instruksi pemerintah dalam rangka penanggulangan COVID-19 khususnya di Kabupaten OKU.

Dalam pelaksanaan vaksinasi penguat atau booster tahap kedua yang dipusatkan di Puskesmas Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur tersebut pihaknya menggandeng Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Selatan.

"Untuk vaksinasi dosis 1, 2, dan 3 sudah berjalan. Saat ini kami mulai menggiatkan vaksinasi booster tahap kedua atau dosis 4 untuk tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab OKU," kata Andi.

Vaksinasi penguat tahap kedua tersebut menyasar sebanyak 3.000 nakes di wilayah itu guna mendapat suntikan vaksin lanjutan setelah dosis ketiga.

"Untuk hari ini sebanyak 100 nakes yang akan divaksin sesuai dosis yang ada," kata dia.

Menurut dia, vaksin lanjutan untuk nakes ini merupakan salah satu upaya agar para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan bisa divaksin COVID-19 secara lengkap supaya terhindar dari virus corona.

Sementara itu, Korwil OKU BINDA Sumsel Andre menegaskan bahwa pihaknya siap mem-"backup" vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan di Kabupaten OKU.

"Untuk hari ini kami siapkan vaksin jenis Pfizer sebanyak 100 dosis untuk nakes di OKU," ujarnya.