Warga Sumsel diminta segera selesaikan vaksinasi COVID-19 penguat

id Vaksinasi Covid-19,Sumsel,dosis penguat kedua

Warga Sumsel diminta segera selesaikan vaksinasi COVID-19 penguat

Arsip- Pelaksanaan skema vaksinasi COVID-19 dosis penguat di Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mengimbau warga daerah setempat segera menyelesaikan vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua memanfaatkan alokasi vaksin yang ada.  

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dr Trisnawarman, kepada wartawan di Palembang, Rabu, mengatakan daerah ini menerima alokasi dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 3.000 dosis beberapa hari lalu.

Dari tambahan alokasi maka saat ini secara keseluruhan sebanyak 29.680 dosis vaksin merek Pfizer yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk vaksinasi dosis penguat kedua.  

"Vaksin ini sudah didistribusikan ke setiap daerah, warga harus segera melakukan vaksinasi sebab hanya bisa bertahan selama satu bulan," kata dia, Pemerintah Daerah juga diminta memperhatikan masa vaksin itu.  

Sebab, menurutnya, vaksin dosis penguat kedua ini diperuntukkan bagi warga di atas 18 – 60 tahun dan sudah melakukan vaksinasi penguat pertama sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Untuk itu, pihaknya mencatat jumlah target sasaran dari 17 kabupaten kota mencapai 1,4 juta orang.

Sementara dari jumlah target sasaran tersebut realisasinya baru sebanyak 4,61 persen yang merampungkan vaksinasi penguat kedua, per Selasa (14/2).

“Jadi silahkan segera mendatangi fasilitas kesehatan yang ada di daerah masing-masing untuk mendapatkan vaksinasi dosis penguat kedua ini,” kata dia.

Vaksinasi ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah penularan COVID-19.