Bank BTN gandeng pengembang wujudkan perumahan Go Green di Palembang

id BTN,perumahan,Bank BTN,kpr,go green,panel surya,pembiayaan

Bank BTN gandeng pengembang wujudkan perumahan Go Green di Palembang

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Bank BTN dan PT Karya Anak Negeri di Palembang, Jumat (22/4/22). (ANTARA/HO-BTN)

Kami meluncurkan program KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) Bank BTN Go Green sebagai wujud komitmen Bank BTN dalam mendukung program perumahan yang berkelanjutan
Palembang (ANTARA) - Bank BTN menggandeng pengembang PT Karya Anak Negeri untuk mewujudkan perumahan Go Green di Palembang untuk menyalurkan pembiayaan KPR yang terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Kepala Divisi Subsidized Mortgage Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Mochamad Yut Pentadi Palembang, Sabtu, mengatakan penyaluran pembiayaan ini merupakan implementasikan  keuangan berkelanjutan yang khusus dilakukan untuk sektor perumahan.

Salah satu proyek yang menjadi target Bank BTN yakni Perumahan Gandus City Land milik PT Karya Anak Negri di Palembang, yang mana penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) sudah dilakukan di Palembang, Jumat (22/4).

“Kami meluncurkan program KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) Bank BTN Go Green sebagai wujud komitmen Bank BTN dalam mendukung program perumahan yang berkelanjutan,” kata dia.

Baca juga: Erick: Kolaborasi BTN dan BUMN lain solusi kebutuhan hunian milenial

Penandatanganan PKS ini disaksikan oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna beserta jajaran, Kadis Perkim Provinsi Sumatera Selatan, seluruh Kadis Perkim Kota dan Kabupaten Sumatera Selatan, dan lain sebagainya.

Dengan ditandatanganinya PKS tersebut, PT Karya Anak Negri dapat menikmati benefit jasa layanan perbankan Bank BTN antara lain secara otomatis telah terdaftar pada portal BTN Properti for Developer dan kemudahan proses appraisal (penilain properti).

Proyek perumahan Gandus City merupakan perumahan yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan berbagai fasilitas yang mendukung konsep Go Green.

Konsep ramah lingkungan itu seperti penggunaan solar system panel atau panel tenaga surya yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik, dan penggunaan kompor induksi tanpa menggunakan api atau menggunakan listrik.

Baca juga: BTN dorong pembangunan ekonomi berkelanjutan

Ia mengatakan PT Karya Anak Negri menunjukkan keseriusannya menggarap perumahan dengan konsep berkelanjutan ini sehingga rumah yang dibangun dilengkapi panel tenaga surga (solar cell) disiapkan oleh  PT Len Agra Surya Energy.

Setelah penandatanganan PKS juga dilakukan penyerahan 20 buah kompor induksi dari Bank BTN kepada PT Karya Anak Negri sebagai simbolis dukungan Bank BTN terhadap program PT PLN konversi penggunaan kompor elpiji ke kompor induksi.

KPR BP2BT Go Green yang ditawarkan Bank BTN ditujukan bagi masyarakat dengan syarat diantaranya adalah diperuntukkan bagi pekerja yang tidak memiliki penghasilan tetat dan belum memiliki rumah.

Adapun KPR BP2BT menawarkan berbagai keringanan antara lain uang muka atau DP mulai dari 1 persen, bantuan subsidi uang muka hingga Rp40 juta dan jangka waktu kredit sampai dengan 20 tahun.

"Kami berharap penyaluran KPR Subsidi di Palembang mencapai 5.000 unit selama tahun 2022," katanya.
Baca juga: BTN terus genjot penyaluran KPR subsidi berbasis tabungan
Baca juga: BTN: Perpanjangan DP nol persen gairahkan pasar perumahan
Baca juga: BTN gelar akad KPR secara massal 3.000 unit di seluruh Indonesia