Menristek: Inovasi keantariksaan jadi penggerak ekonomi Indonesia Emas

id menristek,bambang ps brodjonegoro,teknologi keantariksaan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, pa

Menristek: Inovasi keantariksaan jadi penggerak ekonomi Indonesia Emas

Menristek/Badan Ristek dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mendorong inovasi teknologi keantariksaan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia Emas 2045.

"Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam harus memaksimalkan potensi dan upaya untuk menuju Indonesia Emas 2045. Selama ini kita hanya terpaku apa yang ada di permukaan bumi dan mulai masuk ke permukaan laut saja, tapi tentunya kita tahu di udara sampai antariksa. Sebenarnya itu adalah bagian sumber daya alam kita yang seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menristek Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Menristek: korelasi ekonomi dan kepekaan masyarakat pada kehati

Hal itu disampaikan Menristek saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Virtual Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa V (SINAS KPA V).

Menristek Bambang mengatakan nilai ekonomi antariksa global diproyeksikan akan meningkat menjadi lebih dari 1 triliun dolar AS per tahun pada 2040. Oleh karena itu, Menteri Bambang menilai Indonesia perlu mengambil peran pada ekonomi yang saat ini banyak dilirik negara-negara di dunia.

Menteri Bambang menuturkan sejumlah langkah pendekatan yang dapat dilakukan dalam menatap eksplorasi angkasa luar dengan memanfaatkan penguasaan teknologi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang adaptif terhadap riset dan inovasi terkait ilmu antariksa.

Baca juga: Menristek ungkap lebih banyak kekayaan biodiversitas Indonesia

"Indonesia sendiri memiliki wacana membangun bandara antariksa di Biak, Papua. Indonesia berada posisi terbaik untuk meluncurkan roket karena Biak dekat dengan ekuator," ujar Menristek Bambang.

Selain harus tetap fokus pada industri satelit dan roket, tentu dengan membangun bandara antariksa lebih menguntungkan daripada hanya menciptakan roket saja.

"Kalau bisa kita jadikan Bandara Antariksa Biak ini sebagai pintu masuk ke dalam bisnis antariksa dunia, diiringi dengan penguasaan ilmu dan teknologi keantariksaan yang mumpuni," tuturnya.