Ogan Komering Ulu masuk Top 99 Kabupaten versi KIPP 2020

id OKU masuk Top 99, kabupaten/kota, inovasi disabilitas,Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemb

Ogan Komering Ulu masuk Top 99 Kabupaten versi KIPP 2020

Ilustrasi Stasiun Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan masuk dalam Top 99 Kabupaten/Kota di Indonesia pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020.

"Berdasarkan hasil presentase dari Tim Panel Independen (TPI) KIPP bahwa Kabupaten OKU masuk dalam Top 99 Kabupaten/Kota di Indonesia pada KIPP 2020 untuk Kategori Umum," kata Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Komering Ulu, Ahmad Tarmizi, di Baturaja, Rabu.

Ia mengatakan, materi yang diangkat dalam KIPP yaitu tentang inovasi Gerakan Bersama Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (Gema Daya Pentas) Kabupaten OKU.

Baca juga: Dinas Pendidikan OKU perpanjang kegiatan belajar di rumah

Inovasi Gema Daya Pentas OKU merupakan upaya Dinas Sosial kabupaten setempat melalui kolaborasi dengan lintas sektor dalam program pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas.

Latar Belakang Inovasi Gema Daya Pentas OKU yaitu disabilitas di Kabupaten OKU berjumlah 1.221 jiwa atau 80 persen merupakan disabilitas fisik sedang dan ringan yang belum mandiri.

 

Menurut dia, belum optimalnya program pemberdayaan penyandang disabilitas ini karena keterbatasan anggaran dan minimnya keterlibatan instansi terkait serta kurangnya tenaga pendamping disabilitas.

Melalui inovasi ini, ia berharap dapat meningkatnya kemandirian ekonomi disabilitas, menumbuhkan kepedulian lintas sektoral dan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan bagi disabilitas dan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas di wilayah setempat.

"Dan juga melalui inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian lintas sektoral dan hilangnya stigma masyarakat terhadap disabilitas," ujarnya.

 

Baca juga: Disdukcapil OKU buka layanan kependudukan secara daring Baca juga: 21.046 KPM di OKU mendapat BST hingga Desember

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar