Dua terpapar virus corona, 48 orang petugas Pemadam Kebakaran OKU terpaksa jalani isolasi

id 48 petugas damkar, dirumahkan antisipasi covid, dua petugas positif, dua pos regu,covid-19,covid oku

Dua terpapar virus corona, 48 orang petugas Pemadam Kebakaran OKU terpaksa jalani isolasi

Kepala DPKP Ogan Komering Ulu Aminilson. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 48 petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan menjalani isolasi mandiri setelah dua pegawai instansi itu dinyatakan positif terpapar virus corona jenis baru (COVID-19).

Kepala DPKP Ogan Komering Ulu Aminilson di Baturaja, Rabu, mengatakan dua petugas yang positif COVID-19 tersebut bertugas di Pos Regu 2 Kecamatan Sosoh Buay Rayab dan Kecamatan Lubuk Batang.

Menyikapi hal itu, pihaknya melakukan isolasi mandiri kepada seluruh petugas pemadam kebakaran di dua pos regu tersebut selama 14 hari guna mencegah penularan COVID-19.

"Total jumlah petugas yang dirumahkan (isolasi, red.) saat ini berjumlah 48 orang, sedangkan untuk mobil kendaraan pemadam kebakaran untuk sementara waktu dipindahkan ke Kantor DPKP OKU (Ogan Komering Ulu)," tegasnya.

Dia menjelaskan langkah tersebut guna mengantisipasi sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Terkait apakah puluhan petugas yang diisolasi mandiri itu akan dilakukan tes usap atau tidak, Aminelson mengaku segera mengoordinasikan dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan OKU untuk memutuskan apakah 48 petugas tersebut akan dilakukan tes swab (usap) atau tidak," katanya.