Warga di 12 kabupaten/kota di Sumsel diminta waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang

id BMKG,iklim sumsel,cuaca sumsel,hujan lebat sumsel,angin kencang sumsel,peringatan dini BMKG,BMKG Sumsel

Warga di 12 kabupaten/kota di Sumsel diminta waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang

Awan hitam menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan pada Selasa (21/1/2020). (ANTARA/Nova Wahyudi/pd)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan 12 kabupaten/kota di Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Rilis pers diterima ANTARA, Sabtu, hujan itu berpotensi terjadi dalam durasi singkat pada siang/sore dan malam hari di wilayah Musi Rawas, Pagaralam, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur dan OKU Selatan.

Pada pagi hari diperkirakan cerah - berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin dan OKI.

Siang hari diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin, Musi Rawas, Empat Lawang, OKI, OKU, OKU Selatan, Pagaralam, Muara Enim dan Lahat. Ada potensi hujan lokal di wilayah OKU Timur, Ogan Ilir, Musirawas Utara, Lubuk Linggau dan Palembang.

Sedangkan pada malam hari diperkirakan bakal berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Lahat, Muara Enim, Banyuasin, Musi Rawas, OKI, Ogan Ilir, PALI, OKU dan OKU Timur. Potensi hujan lokal di Musi Banyuasin, Musirawas Utara, Palembang, OKU Selatan dan Prabumulih.
 
Dini hari diperkirakan cerah – berawan dan udara kabur/berkabut hingga berpotensi hujan lokal di wilayah OKI dan Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 23 – 32 °C, Kelembaban udara 60 persen - 98 persen.
 
Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 % - 100 %.

Angin bergerak dari Barat Daya - Utara dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sedangkan tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.5 – 1.5 m, Cuaca berupa hujan ringan, angin bergerak dari Selatan – Barat Laut dengan kecepatan 05 – 28 km/jam.