Delapan kabupaten dan kota di Sumsel belum ada kasus positif COVID-19, namun perlu diwaspadai

id virus corona sumsel,corona,virus corona,covid-19,delapan kabupaten belum ada covid,info sumsel,berita palembang,positif covid-19,pasien covid-19,tim g

Delapan kabupaten dan kota di Sumsel belum ada kasus positif COVID-19, namun perlu diwaspadai

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Nur Purwoko Widodo (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Dari data yang ada sebaran kasus positif di Sumsel memang tidak merata, dominasi kasus positif banyak di Kota Palembang
Palembang (ANTARA) - Delapan dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan belum ditemukan kasus positif COVID-19 sehingga kepala daerah setempat perlu waspada agar tidak ada warga yang terjangkit.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel per 19 April 2020, Minggu, delapan wilayah masih berstatus zona hijau atau belum ada kasus positif, yakni Kabupaten Lahat, Empat Lawang, OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, PALI, dan Kota Pagaralam.

"Dari data yang ada sebaran kasus positif di Sumsel memang tidak merata, dominasi kasus positif banyak di Kota Palembang," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumsel, Nur Purwoko Widodo di Palembang.

Meski belum ditemukan kasus positif, namun delapan wilayah tersebut sudah terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masing-masing Kabupaten Lahat (1 orang), Empat Lawang (2 orang), OKU Timur (8 orang), OKU Selatan (3 orang), Musi Rawas (1), Musi Rawas Utara (1 orang), PALI (1 orang), dan Kota Pagaralam (1 orang).

Gugus Tugas Sumsel meminta pemangku kepentingan di wilayah zona hijau memperketat physcal distancing dan memantau kedatangan orang-orang dari luar wilayah untuk meminimalisir penularan COVID-19.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di OKU bertambah tiga orang, terjangkit dari pasien pertama

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sumsel melejit, Gubernur Deru persilahkan kabupaten/kota ajukan PSBB


Sebab mayoritas kasus positif di Sumsel bertatus lokal atau penularan terjadi di dalam Provinsi Sumatera Selatan.

Pihaknya sendiri masih melacak orang-orang yang berkontak dengan kasus-kasus positif dan tidak menutup kemungkinan warga di wilayah 0 kasus terjangkit dari warga di wilayah yang sudah ada kasus positif, seperi kasus di Kabupaten Banyuasin yang terinfeksi dari Kota Palembang.

Sementara total kasus positif di Sumsel per 19 April tercatat sebanyak 89 kasus yang tersebar di sembilan wilayah, yakni 55 kasus berada di Kota Palembang (zona merah), 14 kasus di Kota Prabumulih (zona merah), tiga kasus di Kota Lubuklinggau (zona kuning), enam kasus di Kabupaten Ogan Komering Ulu (zona kuning).

Empat kasus di Kabupaten Ogan Komering Ilir (zona kuning), satu kasus di Kabupaten Musi Banyuasin (zona kuning),  dua kasus di Kabupaten Bayuasin, satu  kasus di Muara Enim (zona kuning), satu kasus di Ogan Ilir dan dua kasus dari luar Sumsel namun dirawat di Sumsel.

Dari 89 kasus tersebut empat orang dinyatakan sembuh dan tiga kasus meninggal dunia.

Baca juga: Kota Palembang ditetapkan zona merah COVID-19, positif 30 kasus
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar