Mendagri Tito akan resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri di Musi Banyuasin

id mesin adm,mendagri,tito karnavian,pemerintah

Mendagri Tito akan resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri di Musi Banyuasin

Mesin ADM yang siap dioperasikan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk melayani pembuatan dokumen kependudukan warga setempat. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dijadwalkan meresmikan penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (28/2), sebagai layanan mesin itu dengan lokasi pertama di luar Jawa.

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin Asmarani di Sekayu, Rabu, mengatakan sebelumnya mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) telah diresmikan Mendagri Tito di Magetan dan Tangerang.

“Mendagri yang akan meresmikannya langsung, karena ini menjadi wujud nyata komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi publik,” kata dia.

Ia mengatakan mesin ADM yang merupakan inovasi Kemendagri itu, seperti mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Jika mesin ATM mengeluarkan uang, katanya, mesin ADM mencetak berbagai dokumen kependudukan, seperti e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Masyarakat langsung bisa mendapatkannya dalam waktu yang singkat,” kata dia.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah menyiapkan mesin ADM di Kecamatan Sungai Lilin dan Sanga Desa.

Warga yang ingin mengakses pelayanan itu, diharuskan mendaftar ke Dinas Dukcapil Kabupaten Musi Banyuasin untuk mendapatkan PIN yang terbagi dua, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan PIN untuk mencetak dokumen.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan kehadiran mesin ADM sebagai upaya nyata pemerintah untuk memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat.

“Sebelumnya kami sudah meluncurkan program tanda tangan elektronik, kini mesin ADM,” kata dia.

Secara bertahap, pemerintah akan menyuplai mesin ADM ke seluruh kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar