OKU Timur hadirkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

id Mesin ADM, layanan kependudukan, dokumen kependudukan, Mall Pelayanan Publik, Disdukcapil OKU Timur

OKU Timur hadirkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Bupati OKU Timur, Sumsel, Lanosin Hamzah meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (1/8/2023). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menghadirkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan masyarakat mencetak berbagai dokumen kependudukan secara mandiri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Timur Mursal di Martapura, Senin, mengatakan, mesin ADM tersedia di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Belitang sejak akhir Juli 2023.

Alat ini disediakan pemerintah untuk mempermudah masyarakat dalam mencetak berbagai dokumen kependudukan secara mandiri. Melalui ADM masyarakat dapat lebih mudah mencetak kartu keluarga dan kartu identitas anak (KIA).

"Untuk sementara waktu ADM baru bisa mencetak KIA dan KK saja. Sedangkan, untuk KTP Elektronik masih dalam pengembangan, namun secepatnya bisa digunakan," tegasnya.

Dalam penggunaannya masyarakat cukup melakukan scan barcode dan dokumen akan keluar secara otomatis di mesin tersebut.

Hanya saja, kata dia, dalam penggunaan ADM masyarakat harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu harus mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui telepon pintar, kemudian diaktifkan oleh petugas di Mal Pelayanan Publik.

"Setelah aplikasi didownload, masyarakat bisa mengaktifkannya dengan memasukkan NIK KTP, nomor telepon dan email," jelasnya.

Setelah IKD aktif di telpon pintar atau IOS, masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan dengan langkah-langkah yang ada di mesin ADM.

Melalui inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal mengurus dokumen kependudukan yang cepat dan mudah.

"Hadirnya ADM ini merupakan komitmen Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.