Disdukcapil Ogan Komering Ulu beri layanan khusus bagi korban banjir

id Dokumen kependudukan, bencana banjir, posko pelayanan, Disdukcapil OKU,berita palembang, berita sumsel

Disdukcapil Ogan Komering Ulu beri layanan  khusus bagi korban banjir

Banjir bandang melanda Kabupaten OKU pada Kamis (23/5). (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), memberikan pelayanan khusus untuk korban banjir di wilayah itu yang kehilangan dokumen kependudukan akibat bencana alam.

Kepala Disdukcapil OKU Suryadi di Baturaja, Rabu, mengatakan bbanjir bandang yang terjadi di wilayah setempat pada 23 Mei 2024 tidak hanya menghanyutkan harta benda, namun dokumen administrasi kependudukan milik warga juga ikut hanyut atau rusak.

"Dokumen kependudukan ini sangat diperlukan masyarakat, apalagi untuk pencoblosan Pilkada 2024 nanti," katanya.

Terkait hal itu pihaknya memberikan pelayanan khusus melalui program inovasi pasca-banjir tahun 2024 dengan membuka posko pelayanan penerbitan dokumen rusak atau hilang akibat banjir untuk dicetak baru.

Posko tersebut dibuka pada dua kecamatan yang terdampak bencana banjir bandang yaitu di Kecamatan Baturaja Timur dan Kedaton Peninjauan Raya untuk melakukan perekaman data, sekaligus pencetakan dokumen kependudukan secara gratis.

"Sejak posko dibuka pasca-banjir kami telah melayani sekitar 1.000 laporan dari masyarakat yang kehilangan dokumen kependudukan akibat bencana alam," katanya.