Kowani : Perempuan kunci penting Indonesia maju

id Giwo Rubianto Wiyogo

Kowani : Perempuan kunci penting Indonesia maju

Ketua Kongres Wanita Indonesia Giwo Rubianto Wiyogo (dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan perempuan merupakan kunci penting dalam mewujudkan Indonesia maju.

"Perempuan sebagai ibu bangsa memiliki peranan penting dalam mewujudkan Indonesia maju. Kowani sebagai federasi organisasi perempuan memiliki komitmen dalam menyiapkan kaum perempuan yang memiliki kemampuan itu," ujar Giwo di Jakarta, Minggu.

Dia menambahkan dalam Kongres Kowani yang akan diselenggarakan di Jakarta, pada 3 hingga 4 Desember 2019.

Dalam kongres itu, tambah dia akan dibahas sejumlah upaya pemberdayaan perempuan. perempuan harus berinovasi dan harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman yang ada.

"Pada era Revolusi Industri 4.0 dan menuju masyarakat 5.0, belum semua perempuan mampu beradaptasi. Untuk itu dalam kongres kami akan membahasnya," terang dia.

Perempuan jika tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, akan tergilas atau tertinggal. Kemudian, tidak mengetahui keadaan lingkungan serta sulit menjadi panutan dalam keluarga.

"Perempuan harus bisa memberikan contoh yang baik bagi keluarga. Oleh karenanya harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman," lanjut dia.

Giwo juga meminta perempuan untuk terus meningkatkan kapasitasnya, tidak hanya belajar secara formal melainkan dari mana baik saja, misalnya melalui internet.

"Sebagai ibu bangsa, perempuan merupakan kunci dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, untuk mencapai Indonesia yang maju," ujarnya.