Pemkab Musi Banyuasin dorong KUD kembangkan usaha

id kud,Koperasi Unit Desa,Beni Hernedi,pendapatan koperasi dan kesejahteraan anggota,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, an

Pemkab Musi Banyuasin dorong KUD kembangkan usaha

Logo Koperasi (ist)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendorong Koperasi Unit Desa mengembangkan bidang usaha untuk meningkatkan pendapatan koperasi dan kesejahteraan anggota.

"Koperasi Unit Desa (KUD) akan didorong melakukan ekspansi berbagai bidang usaha sehingga bisa eksis dan memiliki hasil usaha yang memadai," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, selama ini KUD cukup puas dengan menekuni satu atau dua bidang usaha, padahal berpotensi untuk melakukan pengembangan banyak bidang usaha.

Koperasi yang dibentuk di pedesaan di 14 kecamatan dalam wilayah kabupaten ini, sebagian besar bergerak dalam penyediaan kebutuhan masyarakat dan pertanian.

Padahal KUD dapat menjadi tiang perekonomian serta mampu berperan aktif untuk memperluas perekonomian skala kecil dan usaha keluarga di desa dengan mengembangkan bidang usaha penyalur sarana produksi dan memasarkan hasil pertanian, simpan pinjam, dan pelayanan jasa.

Dengan melakukan ekspansi bidang usaha diharapkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat sekitar dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota, katanya.

Untuk membentuk koperasi semua orang memiliki kemampuan, namun untuk bertahan dan berkembang menjadi unit ekonomi produktif sangat sulit karena diperlukan kerja keras dan dukungan semua anggota.

Pengelola KUD di Bumi Serasan Sekate ini diminta untuk kreatif sehingga dapat membaca peluang usaha yang mampu membawa lembaga ekonomi itu berkembang dan menjadi gerakan ekonomi rakyat untuk mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah, kata Beni.