Vajna produser film "Rambo" meninggal di usia 74 tahun

id Andrew G. Vajna,Film,Rambo

Vajna produser film "Rambo" meninggal di usia 74 tahun

ilustrasi Bintang Film Rambo, Slyvester Stallone (reuters.com)

Budapest (ANTARA News Sumsel) - Andrew G. Vajna, produser film asal Hungaria di balik "Rambo", "Evita" dan film-film yang menjadi terkenal di dunia, meninggal di rumahnya di Budapest pada Ahad setelah menderita sakit cukup lama, kata Dana Film Nasional Hungaria,

Vajna memproduksi secara keseluruhan 59 film, termasuk Evita tahun 1996 yang dibintangi Madonna dan tiga film pertama dengan bintang utama Sylvester Stallone.

Ia dilahirkan di Budapest pada 1944 dan pada usia 12 tahun, ketika revolusi Hungaria pada 1956 melawan pemerintahan Soviet ditumpas, ia meninggalkan negaranya dan beremigrasi ke Kanada dengan bantuan Palang Merah. Ia berkumpul kembali dengan keluarganya di Los Angeles.

Film komedinya pada 1997, berdasarkan sandiwara berjudul "Out of Order" karya penulis Inggris Ray Cooney, menarik banyak minat orang untuk menonton. Dengan demikian penjualan tiketnya tercatat tertinggi di antara film-film Hungaria yang diproduksi selama dua dekade terakhir.

Sejak 2011, ia bekerja sebagai komisioner pemerintah di bawah Perdana Menteri Viktor Orban, memimpin usaha-usaha untuk membangkitkan sinema Hungaria.

"Kami menyampaikan selamat jalan kepada produser film Hungaria yang terbesar. Hasta la vista, Andy! Terima kasih atas segalanya, temanku!" kata Orban di halaman Facebook-nya.

Film-film selama dia sebagai komisioner meraih ratusan penghargaan internasional, di antaranya "Son of Saul", yang meraih Hadiah Oscar karena lukisan tentang kehidupan di kamp konsentrasi Nazi.

Sebagai bagian dari usaha Orban untuk memperluas pengaruhnya atas media domestik, Vajna juga mempersalah satu saluran utama televisi komersial di Hungaria, dan memiliki saham di pasar radio komersial, demikian Reuters.

(Uu.M016/M007)