Tahap prakanker tidak selalu disertai keluhan

id kanker serviks,kanker leher rahim,hari kanker sedunia,kementerian kesehatan,virus hpv,prakanker,hogi,Himpunan Onkologi G

Tahap prakanker tidak selalu disertai keluhan

Ilustrasi kanker serviks (ANTARA/freepik.com)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) Brahmana Askandar mengatakan pada tahap pra-kanker, keluhan bisa ada dan bisa tidak, sehingga skrining rutin penting guna memonitor kesehatan serviks.

Brahmana mengatakan kanker serviks disebabkan oleh Human PapillomaVirus (HPV). Apabila virus tersebut tidak dienyahkan, katanya, virus tersebut dapat mengubah serviks yang normal menjadi serviks yang digerogoti kanker.

"Dia tidak tiba-tiba dari sini kemudian melompat ke kanker serviks, tidak. Selalu melewati tahapan-tahapan yang kita namakan pra-kanker. Ada perubahan sel, tapi belum ada benjolan, secara sederhananya demikian," katanya pada media briefing "Hari Kanker Sedunia" yang disiarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta, Kamis.

Dengan skrining, lanjutnya, seseorang dapat segera menemukan abnormalitas sesegera mungkin, semisal lesi. Oleh karena itu skrining rutin perlu dilakukan, meski tidak ada keluhan.