Kementan dorong produksi sayuran dari lahan pekarangan

id sayur,sayur di pekarangan,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,antara sumsel,Kementerian Pertanian,ketahanan pangan keluarga,produksi sayur

Kementan dorong produksi sayuran dari lahan pekarangan

Dokumentasi- Sejumlah pengunjung melihat stan tanaman hidroponik di Pameran Tanaman Buah dan Bunga. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Pertanian mendorong pemanfaatan pekarangan secara optimal untuk menghasilkan pangan yang cukup seperti cabai dan sayur-sayuran sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi saat meninjau pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Berkah, Kecamatan Bojong Genteng, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, mengatakan, lahan pekarangan sangat potensial menyediakan pangan yang cukup dan beragam, minimal bagi keluarga, sehingga produksi pangan tidak hanya pada lahan sawah. Bahkan, pengarangan yang lebih luas dapat ditanam komoditas buah-buahan, seperti klengkeng dan jeruk serta tanaman kopi.

"Pemanfaatan pekarangan agar dilakukan maksimal. Masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan lahan pekarangannya. Kita optimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga," kata Suwandi melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Pada aspek hulu, Kementan menyalurkan bibit secara gratis disertai dengan pendampingan yang intensif. Di Desa Berkah ini, Kementan memberikan bantuan bibit cabai, klengkeng, jeruk, durian untuk ditanam di pekarangan rumah.

Selanjutnya, Kementan akan memberikan bantuan berupa ribuan bibit kopi, cengkeh, bibit kakao dan bibit pala secara gratis.

Kementan juga berencana membangun pasar lelang dan industri kecil yang siap menampung hasil panen. Jadi, selain hasil panen bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga, juga kelebihan produksi bisa dijual sehingga memberikan pendapatan.

Kepala Desa Berkah, Andriyansyah mengatakan pemerintah desa memiliki program utama yakni swasembada sayur-sayuran melalui pemanfaatan pekarangan. Program ini sudah berjalan 2 tahun lalu, hingga saat ini kebutuhan sayuran masyarakat dipenuhi sendiri.

"Kami punya program khusus ada 12 inovasi, salah satunya Pirus yakni Pipir Diurus. Artinya wajib memanfaatan pekarangan baik di depan maupun belakang rumah untuk tanam sayur-sayuran," kata Andriyansyah.

Andri mengatakan merealisasikan program pemanfaatan pekarang ini tidak begitu sulit karena masyarakat memiliki semangat dan kesadaran yang tinggi menyediakan pangan sendiri dari pekarangan.

Karenanya, pemerintah desa hanya menyediakan bibit sayuran, sementara masyarakat menyediakan sendiri sendiri polibag yang terbuat dari limbah bangunan.

"Target kami 2019 swasembada sayuran dari pekarangan. Masyarakat tidak perlu lagi beli di pasar. Sepenuhnya dipenuhi dari budidaya sendiri di pekarangan dan masyarakat pun malah bisa pasok sayuran ke pasar," katanya.