Unsri mengedukasi masyarakat terkait hilirisasi kelapa sawit

id Unsri,Hilirisasi sawit,Universitas Sriwijaya,bahan baku minyak sayur,sabun, detergen, biodiesel, margarin

Unsri mengedukasi  masyarakat terkait hilirisasi kelapa sawit

Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan mengedukasi masyarakat terkait hilirisasi sawit karena Indonesia berpotensi menjadi raja sawit dunia.  (ANTARA/ M IMAM PRAMANA)

Palembang (ANTARA) -
Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan, mengedukasi masyarakat terkait hilirisasi sawit karena Indonesia berpotensi menjadi raja sawit dunia.
 
Pada kegiatan edukasi yang dikemas dalam seminar nasional yang dilaksanakan di Palembang sejak Selasa, 25 Juni  hingga Rabu, 26 Juni 2024 itu, Unsri juga berkoordinasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) University.
 
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ir. A. Muslim, M. Agr mengatakan bahwa  hilirisasi sawit sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat, pengusaha sawit, bahkan pemerintah.
 
Menurutnya, sosialisasi level nasional dalam rangka edukasi masyarakat, pengusaha sawit, dan pemerintah tentang pentingnya hilirisasi sawit itu dilakukan karena banyak negara besar dari Barat dan Eropa sebenarnya iri dengan keunggulan sawit Indonesia.
 
"Indonesia bisa menjadi raja sawit dunia, karena luasnya efisien dan penggunaan lahan sedikit hanya 4,5 persen dari total lahan produksi minyak nabati. Akan tetapi bisa menghasilkan 34, 2 persen minyak sawit nabati dunia," katanya.
 
Ia menambahkan,  kedelai menggunakan lahan 40,5 persen, namun produksi yang menggunakan lahan luas tersebut hanya 30,2 persen.
 
Kemudian sawit lebih murah untuk diproduksi dibandingkan dengan yang lain seperti kedelai, minyak matahari, jagung, olive oil, dan lain - lain. Oleh karena itu sawit merupakan anugerah dan suatu keunggulan yang luar biasa dimiliki negara Indonesia.