Obati rasa rindu seribu WNI hadiri konser musik dan budaya di Seoul

id budaya,tarai,knser musik indonesia,berita palembang,berita sumsel,solidaritas sosial,budaya indonesia

Arsip- Tarian dari Betawi. (ANTARA)

London (ANTARA News Sumsel) - Kedutaan Indonesia di Seoul, Korea Selatan  menggelar konser musik dan budaya di Kota Siheng  sebagai ajang silaturahim antarwarga Indonesia untuk mengobati rasa rindu warga terhadap tanah kelahiran serta  memupuk solidaritas sosial.

Tidak kurang dari 1000 warga masyarakat Indonesia berbaur dengan masyarakat setempat, tumpah ruah  berjoget, bersenda gurau, dan menikmati makanan khas daerahnya dalam helatan bertajuk Konser Musik dan Budaya Indonesia di Kota Siheng, Korsel, demikian Pensosbud KBRI Seoul, Purnowidodo kepada Antara, Selasa.

Purnowidodo menjelaskan warga Indonesia di Korsel saat ini berjumlah sekitar  40.000 orang, sebagian besar  pekerja migran. Warna WNI di Korsel beraneka ragam yang tergabung dalam lebih dari 30 paguyuban kedaerahan. Bersama Perwakilan RI di Korsel, berbagai paguyuban turut mempromosikan seni dan budaya Indonesia.

Berbagai genre musik dimainkan. Mulai dari hardcore, sweet rock, pop, hingga danggdut menghibur para pekerja migran. Selaln itu
atraksi tradisional seperti Reog Ponorogo dari Kelompok Singo Mudho Korea dan Jaranan atau Kuda Lumping dari Kelompok Turonggo Manggolo Budoyo Korea, hingga Tari Lengger dari Paguyuban Wonosobo menghibur para pengunjung yang haus hiburan

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi  ketika membuka Konser Budaya yang diadakan Minggu mengajak warga Indonesia bergembira dan juha berpesan agar semua WNI di Korsel selalu menjaga kesehatan dan lebih berhati-hati saat bekerja.

Dikatakannya, pada tahun 2017 terdapat 26 WNI yang meninggal akibat kecelakaan kerja ataupun masalah kesehatan.

"Saya inginkan itu tak ada lagi. Untuk itu, saya harapkan semuanya agar menjaga kesehatan, mengikuti berbagai aturan keselamatan kerja dan istirahat yang cukup, "  ujar Dubes Umar Hadi.

Sementara itu Dewan Kota Siheng,  Hong Wan Sam mengungkapkan kegembiraannya atas terselenggaranya konser budaya ini.

"Mari kita bergembira bersama, mencari uang bersama, dan berjuang untuk kesejahteraan bersama," ujarnya. Tak lupa Hong mengungkapkan terima kasih atas peranan warga negara Indonesia, khususnya di Kota Siheng dan sekitarnya, yang telah turut mengangkat perekonomian daerahnya.

Humas kota Siheng, Kim Gi Sul mengakui komunitas masyarakat Indonesia lah yang secara aktif menggelar promosi budaya.

"Kami berterima kasih karena hal ini sangat penting dalam menjembatani saling pengertian antara masyarakat Korsel dan Indonesia," tuturnya.
(T.H-ZG/A.F. Firman)
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar