Angelica Rivera, bintang telenovela yang jadi Ibu Negara Meksiko

id Angelica Rivera, ibu negara meksiko

Angelica Rivera, bintang telenovela yang jadi Ibu Negara Meksiko

Gubernur Meksiko Enrique Pena Nieto bersama istrinya Angelica Rivera pada acara pernikahan di sebuah katedral. (Antarasumsel.com/REUTERS/Henry Romero )

Mexico City (ANTARA/AFP) - Bila dulu rakyat Meksiko mengenal Angelica Rivera sebagai "la gaviota" atau si burung camar, merujuk pada salah satu opera sabun larisnya, maka sebentar lagi mereka harus membiasakan diri menyebut artis telenovela papan atas Meksiko itu dengan julukan Ibu Negara.

Ketika Rivera, 41, menikahi presiden Meksiko mendatang Enrique Pena Nieto pada November 2010, artis itu jauh lebih terkenal daripada Nieto, dan bukan rahasia jika bintang opera sabun itu merupakan magnet kampanye Nieto. Rivera adalah sosok dibalik keberhasilan Nieto menarik para pemilih muda yang biasanya cenderung cuek pada pemilihan umum.

Ia jarang berbicara dan tidak melakukan wawancara dengan para wartawan dalam kampanye suaminya namun dia seringkali terlihat mendampingi Nieto, kadang bersama dengan anak-anaknya.

Dalam kampanye, para penggemarnya akan mencoba untuk berfoto dengannya, meminta tandatangan atau memberikan ciuman. "Gaviota! Gaviota!" teriak mereka dari balik pagar besi yang membatasi arena kampanye dengan kerumunan massa.

Laiknya artis populer lainnya, foto-foto Rivera dengan pakaian minim --terkadang berpose bersama pria-pria berotot telanjang dada sebagaimana sampul majalah gulat pada Oktober 1992 saat ia berpose dengan seorang pegulat berpakaian minim yang disebut "Black Magic", banyak dan mudah ditemui di publik.

Namun sekalipun penampilannya yang gemerlap, kehidupan Rivera relatif bersih dari skandal seiring dengan transisinya dari bintang opera sabun menjadi belahan jiwa tokoh politik kuat di Meksiko.

Pena Nieto yang berusia 45 tahun menikah dengan istri pertamanya Monica Pretelini pada 1993. Pasangan itu memiliki tiga orang anak sebelum kemudian Pretelini meninggal dunia pada 2007.

Mantan Gubernur Mexico City itu --yang memiliki populasi 15 persen dari total 112 juta populasi Mexico-- mengaku bahwa ia memiliki anak di luar pernikahan dengan dua wanita lain.  

Setahun kemudian dia bertemu dengan Rivera yang telah bercerai dan juga mempunyai tiga anak. Rivera adalah satu dari sejumlah bintang Televisa yang disewanya dalam sebuah program kontroversial pemerintah untuk mempromosikan keberhasilan pemerintahannya.

Hubungan antara politikus dan aktris itu pada mulanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, beberapa bahkan menduga hanya sandiwara. Keduanya terlihat bersama di restoran namun malu-malu mempertontonkan kedekatan mereka.

Ketika Pena Nieto mengumumkan bahwa dia berkencan dengan Rivera dalam suatu acara berita selebriti, hubungan pasangan itu menjadi sasaran empuk para politisi dan media selebriti.

"Kami telah jalan bersama selama sekitar lima bulan, dan suatu  hari dia mengundang saya untuk makan malam di sebuah restoran. Kemudian dia menatap saya, perlahan-lahan memeluk saya dan bertanya apakah saya mau menjadi tunangannya," kata Rivera kepada majalah selebriti, Quien pada 2011.

"Itu adalah untuk pertama kalinya seseorang bertanya, 'Apakah kamu mau menjadi tunangan saya?' tentu saja saya mengatakan ya, dan dia menjawab, "Katakan ya dengan tepat.' Dan saya mengulanginya dengan lebih tegas, 'Ya, tentu saja!'"

Setelah beberapa bulan berkencan, Nieto memberi Rivera cincin pertunangan saat melakukan perjalanan ke Vatikan pada Desember 2009. Pope Benedict XVI bahkan juga memberkati pasangan yang berbahagia itu.

Pada saat itu, Rivera masih menikmati kesuksesan opera sabun larisnya "Distilling Love" pada 2007 dan perannya sebagai "La Gaviota" yang jatuh cinta pada cucu lelaki majikannya yang tampan.

Kamera televisi tidak berada dalam katedral Toluca -- di ibukota negara Mexico -- saat pasangan ini menikah pada bulan November 2010, namun mereka berkerumun di luar guna mengabadikan para tamu, yang sebagian besar adalah selebriti papan atas. Foto-foto upacara pernikahan itu kemudian dibagi kepada media.

Pasangan itu, tentu saja, berpose untuk media saat meninggalkan katedral dan Rivera melemparkan karangan bunganya pada para penggemarnya dan melambaikan tangan.

Kemungkinan akan memiliki ibu negara seorang selebriti sungguh mengejutkan bagi sejumlah pihak sehingga sebuah pesan lelucon yang konon dikirim oleh Partai Revolusi Institusional (PRI) Pena Nieto, sempat beredar.

"Jika anda mempunyai foto calon ibu negara Mexico di dinding toko reparasi anda, tolong turunkan," tulis pesan surat elektronik tersebut. Surat itu mencantumkan juga foto-foto Rivera muda menggunakan bikini yang minim.

Dilahirkan pada 2 Agustus 1970, Rivera memulai kariernya sebagai model remaja dengan memenangkan kontes kecantikan dan bakat pada umur 17 tahun.

Dia segera dikontrak oleh Televisa, perusahaan hiburan dan berita raksasa Mexico, dan dilatih langsung oleh Veronica Castro, dedengkot opera sabun perempuan Mexico. Beberapa tahun kemudian, keduanya menjadi saudara ipar ketika Rivera menikahi saudaranya Castro, produser Televisa Jose Alberto Castro.

Di awal karirnya Rivera muncul sebagai model dalam sebuah video musik penyanyi populer Mexico Luis Miguel. Pada akhir 1980an dia muncul sebagai figuran di opera sabun Televisa.

Pada 1991, sekarang tampil dengan rambut pirang, dia membuat kejutan besar dengan berperan sebagai gadis "nakal" dalam telenovela "Reach for a Star II" berpasangan dengan aktor pemula --yang kemudian terkenal sebagai penyanyi dunia, Ricky Martin.

"Semua laki-laki suka berselingkuh," kelakar artis muda itu  dalam sebuah wawancara televisi, yang kembali muncul di YouTube. Pada acara lain dia bicara tentang bagaimana dia mengagumi tubuhnya dan bagaimana dia main mata dengan laki-laki.
(ANT-Uu.SYS/H-AK)