Prestasi gulat Indonesia membanggakan

id gulat, seagames, jakabaring, palembang

Palembang, (ANTARA News) - Wakil Ketua Dewan Pembina PB Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) H Deddy S Komarudin menyatakan, prestasi cabang olahraga gulat di SEA Games cukup membanggakan dengan raihan medali emas melebihi penyelenggaraan sebelumnya.

"Perolehan empat medali emas, empat perak dan lima perunggu itu sudah cukup bagus dan prestasi itu sudah membanggakan," kata Deddy di Palembang, kemarin (17/11).

Mantan manjer tim gulat Indonesia di SEA Games Laos itu mengatakan, pada SEA Games XXV, tim Indonesia hannya mampu meraih dua emas, empat perak dan enam perunggu.

"Pretasi sekarang ini berarti meningkat dan itu harus dipertahankan serta ditingkatkan," katanya.

Menurut dia, sebenarnya materi pemain Indonesia tidak jauh beda dengan pegulat negara tetangga, hanya perlu pembinaan secara maksimal serta melakukan berbagai uji coba dengan tim terbaik dari sejumlag negara.

"Bila itu dilaksanakan maka prestasi gulat Indonesia semakin unggul di tingkat Asia Tenggara", ujar dia lagi.

Mengenai kendala yang dihadapi selama pelaksanaan SEA Games di Palembang, dia mengatakan, salah satu kekurangan pelaksanaan yaitu hasil pertandingan tidak bisa dilihat secara langsung.

"Bila ada permasalahan tidak akan diketahui termasuk penonton sehingga untuk memprotes kalau ada pelanggaran menjadi terhambat," kata dia pula.

Namun, secara keseluruhan, ia mengatakan, penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu berlangsung sukses yang diharapkan prestasi tim Indonesia terus membaik.

Tim Gulat Indonesia pada pesta olahraga se-Asia Tenggara berada diurutan kedua setelah tim Vietnam.

Indonesia berhasil mengumpulkan empat medali emas, empat perak dan lima perunggu.

Emas Indonesia didapat dari Muhammad Iqbal yang turun di kelas 50 kg, kedua Ridha yang turun di kelas 63 kg putri, selanjutnya Rustang (66 kg) dan Aliansyah (60 kg).

Perolehan medali cabang gulat SEA Games :

Emas Perak Perunggu

1. Vietnam : 8 5 0

2. Indonesia : 4 4 5

3. Thailand : 3 5 4

4. Filipina : 2 3 3

5. Kamboja : 0 0 4

5. Laos : 0 0 3

6. Singaura : 0 0 1

7. Myanmar : 0 0 1

Total : 17 17 21

(ANT-U005)