Muara Enim raih penghargaan Hari Statistik Nasional

id Sumsel, muara enim, statistik,penghargaan

Muara Enim raih penghargaan Hari Statistik Nasional

Muara Enim melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Muara Enim meraih penghargaan Satuan Kerja dengan Indeks Pembangunan Statistik predikat "Baik" dengan nilai 2.92 dari Badan Pusat Statistik Nasional di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/09/2024). ANTARA/HO/Diskominfo

Jakarta (ANTARA) - Muara Enim melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Muara Enim meraih penghargaan Satuan Kerja dengan Indeks Pembangunan Statistik predikat "Baik" dengan nilai 2.92 dari Badan Pusat Statistik Nasional di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/09/2024).

Penghargaan yang diserahkan dalam rangka puncak peringatan Hari Statistik Nasional (HSN)2024 tersebut, Kabupaten Muara Enim menjadi Terbaik 1 se-Sumatera Selatan pada Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan HSN bukanlah milik BPS, tapi milik rakyat Indonesia, karena pembangunan statistik nasional adalah tanggung jawab bersama.

“Kolaborasi semua aktor menjadi penting untuk mendukung keberhasilan statistik, pentingnya statistik yang berkualitas dalam mencapai tujuan besar bangsa Indonesia yaitu Indonesia Emas yang menjadi pondasi dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan dimasa yang akan datang," Ujar Amalia

“Adapun Hasil EPSS Tahun 2024 yang telah kita laksanakan, yakni Indeks Pembangunan Statistik (IPS) merupakan salah satu indikator pengungkit dalam pencapaian Reformasi Birokrasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa data di era saat ini adalah kekayaan baru bangsa dan harus diwujudkan kedaulatannya.

“Data yang valid merupakan kunci pembangunan karena pembuatan kebijakan yang benar harus dari data yang benar dan akurat,” kata Tito.

Tak lupa Tito juga mengucapkan selamat hari statistik nasional dan berharap semoga BPS Semakin maju.

Dalam kesempatan yang sama Kepala DiskominfoSP Kabupaten Muara Enim Ardian Arifanardi yang menerima secara langsung penghargaan tersebut menyatakan rasa syukur atas penghargaan penghargaan Satuan Kerja dengan Indeks Pembangunan Statistik predikat "Baik" dengan nilai 2.92 dari Badan Pusat Statistik Nasional yang telah diraih oleh Kabupaten Muara Enim

“Kami sangat bersyukur dengan penghargaan ini, terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bekerja dengan baik dan optimal,” katanya.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi dan terus berkembang ke depannya, penghargaan ini bukan tujuan akhir kita yang terpenting masyarakat terlayani dan kehadiran kami bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Anugerah Hari Statistik Nasional merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memberikan apresiasi kepada instansi yang berkontribusi dalam pengembangan literasi dan layanan statistik di Indonesia.