Kondisi karhutla di Sungai Rotan Muara Enim masih berasap

id sumsel,muara enim,karhutla,bpbd sumsel

Kondisi karhutla di Sungai Rotan Muara Enim masih berasap

Kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Suka Dana, Kecamatan Sungai Rotan, Sumatera Selatan, Rabu (11/9/2024). (ANTARA/HO/BPBD Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menyebutkan kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Suka Dana, Kecamatan Sungai Rotan, masih berasap pada saat pemadaman Rabu (11/9).

"TRC BPBD Posko Sungai Rotan masih melanjutkan pemadaman Karhutla di Desa Suka Dana Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Luas lahan yang terbakar mencapai 6,3 hektare. Saat ini kondisi api sudah padam, namun masih ada asap," Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Kamis.

Ia menjelaskan di wilayah itu telah terjadi sejak Kamis (5/9). Kendala saat pemadaman di lokasi itu karena lahan yang terbakar merupakan tanah gambut.

Dalam upaya pemadaman, personel yang diturunkan berasal dari TRC BPBD Posko Sungai Rotan, Manggala Agni, Koramil dan warga Desa Suka Dana. Pihaknya membawa peralatan 4 unit motor trail plus peralatan pemadam, 3 unit mesin jinjing plus BBM, 14 roll selang maachino dan 3 buah nozzle.

"Kami berharap luasan lahan yang terbakar tidak kian meluas karena juga dibantu hujan di sebagian besar wilayah Sumsel," jelasnya.



Sedangkan, upaya pemadaman jalur udara juga dilakukan helikopter water bombing di wilayah Kecamatan Gelumbang yang terpantau berasap dari patroli udara yang dilakukan sebanyak 185 kali water bombing atau 740 ribu liter air ditumpahkan.

"Empat helikopter ikut membantu upaya pemadaman Karhutla di Gelumbang Muara Enim. Sebagian titik sudah berhasil dipadamkan, namun beberapa di antaranya masih dalam kondisi berasap," kata Sudirman.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD: Kondisi karhutla di Sungai Rotan Muara Enim masih berasap