Aktivis lingkungan minta Pemkab OKU bentuk tim atasi masalah banjir

id Banjir di OKU, tim investigasi, lahan kritis, Pemkab OKU

Aktivis lingkungan minta Pemkab OKU bentuk  tim atasi masalah banjir

Forum Masyarakat Peduli Sungai Ogan (FMPSO) menggelar rapat koordinasi dengan DPRD OKU untuk mencari solusi penanganan banjir, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Aktivis peduli lingkungan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Sungai Ogan (FMPSO) Kabupaten OKU, Sumatra Selatan, meminta pemerintah daerah setempat untuk membentuk tim kajian dan investigasi untuk mengatasi banjir di wilayah itu.

Ketua FMPSO OKU, Hendra Setyawan mengatakan secara umum banjir di wilayah itu disebabkan karena banyaknya lahan kritis akibat perambahan hutan liar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Berdasarkan data dari 70,096,51 hektare (Ha) kawasan hutan di Kabupaten OKU, seluas 64,657,89 Ha diantaranya merupakan lahan kritis akibat perambahan liar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Hendra mendorong Pemkab OKU untuk secepatnya membentuk tim kajian dan investigasi agar permasalahan banjir dapat segera teratasi.

"Tim yang dibentuk ini nantinya diharapkan bekerja secara baik dan diinformasikan secara transparan. Kami tunggu waktunya dan apa solusinya," tegasnya.