Pj Bupati Banyuasin sebut Susur Sungai Musi bermanfaat bagi masyarakat

id sumsel, susur sungai, musi

Pj Bupati Banyuasin sebut Susur Sungai Musi bermanfaat bagi masyarakat

Penjabat Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam menyambut baik kegiatan Susur Sungai Musi dalam mempermudah masyarakat mendapatkan kesediaan rupiah menjadi skala periodik dengan skala kecil agar dapat bermanfaat untuk masyarakat Banyuasin. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam menyambut baik kegiatan Susur Sungai Musi dalam mempermudah masyarakat mendapatkan kesediaan rupiah menjadi skala periodik dengan skala kecil agar dapat bermanfaat untuk masyarakat Banyuasin.


Dalam upaya mempermudah masyarakat dalam Penyediaan Pecahan Rupiah, Bank Indonesia menggelar kegiatan Susur Sungai Musi yang menjangkau masyarakat Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin Daerah Pesisir dengan melepas Tim Susur Sungai Musi dalam rangka Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 diselenggarakan di Dermaga River Side Resto, Selasa (26/03/2024).

Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Lanal Palembang, Pemerintah Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin guna mempermudah masyarakat mendapatkan kesediaan pecahan rupiah dan kelayakan edar rupiah serta mengedukasi masyarakat untuk bijak dalam penggunaan rupiah.


Pj Bupati Banyuasin mengharapkan tidak hanya menukar uang dan membagi sembako, tapi disarankan juga untuk dapat mencermati sehingga mampu menyerap aspirasi di daerah perairan terkait kebutuhan pinjaman. Ini dapat menjadi atensi perbankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya juga menghimbau masyarakat umum untuk dapat bijak dalam berbelanja terutama di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Kegiatan ini sungguh sangat bermaafaat di daerah pesisir Banyuasin. Selamat dan sukses Serambi, semoga terus berkelanjutan. Alhamdulillah, Serambi dapat menyentuh Muara Padang, Sungai Baung, Jalur II, ” katanya.

Pemkab Banyuasin mengapresiasi kegiatan BI yang memberikan kemudahan dengan menyusuri Sungai Musi, dengan hadirnya kegiatan ini dapat bermanfaat terutama di Bulan Ramadhan dan menghadapi Idul Fitri yakni ketersediaan tukar uang dapat menjangkau daerah pengairan.

Banyuasin mempunyai ciri khas tersendiri yakni burung migrain dari Siberia yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kedepan, semoga bisa kerja sama dengan BI untuk kegiatan Susur Sungai dengan melihat langsung Burung Siberia.

Pelaksa Lanal Palembang, Letkol Laut (P) Yusan Taufik menyampaikan kegiatan dengan Bank BI ini sudah keempat kalinya, dan sudah diterima masyarakat dan sebagai bukti bahwa TNI dihati masyarakat dan semoga kegiatan memiliki manfaat nyata bagi masyarakat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Ricky P Gozali menyampaikan bahwa tugas BI yakni menyediakan pecahan rupiah dan kondisi layak edar. Tugas ini menjadi penting saat di bulan Ramadhan, untuk Sumsel sudah disiapkan yakni kami sudah naikkan 12 untuk kesediaan uang pecahan.

“Kami lakukan Susur Sungai Musi ini sudah ke 4 kali dari tahun 2023. Kegiatan ini menjadi terbaik di Indonesia tahun 2023 dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia yang tinggal di pesisir sungai, ” jelasnya.