Tim BI Sumsel susuri Sungai Musi layani tukar rupiah jelang lebaran

id Susur sungai Musi,Rupiah di Palembang,Bank Indonesia Sumsel

Tim BI Sumsel susuri Sungai Musi layani tukar rupiah jelang lebaran

Bank Indonesia bersama kapal milik TNI AL susuri sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Bank Indonesia Sumatra Selatan (BI Sumsel) menyusuri sungai Musi Kota Palembang guna meningkatkan minat warga wilayah perairan itu menukar uang baru untuk menyambut Idul Fitri 2024.
 
"Sudah menjadi budaya Indonesia ini setiap bulan Ramadhan terutama momen Idul Fitri ada tradisi bagi-bagi uang baru terutama untuk anak-anak dan hanya ada di kita ya, supaya memenuhi ini ketersediaan uang baru memberi akses bagi mereka yang kesulitan menukarkan uang," kata Kepala BI Sumsel Ricky Perdana Gozali di Palembang, Selasa.
 
Ia menambahkan BI berkomitmen memenuhi kebutuhan uang masyarakat untuk menyambut momen Idul Fitri 2024 dan agenda susur sungai menjadi program BI Sumsel dalam meningkatkan minat warga di daerah pinggiran menukar uang baru.
 
Program susur sungai penukaran uang baru sudah diterapkan BI Sumsel dari tahun ke tahun untuk memberikan akses lebih luas kepada masyarakat yang berada di lokasi pinggiran.
 
Tujuan utama program tersebut juga untuk mengedukasi warga setempat untuk cinta dan bangga terhadap rupiah.
 
"Susur sungai dilakukan di Sungai Musi dan selain layanan penukaran uang kita juga berikan donasi serta edukasi. Layanan penukaran uang diperbanyak di daerah low access to cash," katanya.
 
Program penukaran uang BI Sumsel merupakan bagian dari rangkaian Semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi). Tak hanya di lokasi pinggiran Sungai Musi, Bank Indonesia juga menghadirkan kas keliling di daerah 3T.
 
"Tahun ini kami mengadakan penukaran uang di daerah tertinggal, terdepan dan terluar yakni di Pagaralam," ujarnya.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bank Indonesia susuri sungai Musi layani tukar rupiah jelang lebaran