UMKM dan Gapoktan OKI dilibatkan dalam operasi pasar

id sumsel, operasi pasar, oki

UMKM dan Gapoktan OKI dilibatkan dalam  operasi pasar

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di daerah itu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  Sumatera Selatan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) lokal di daerah itu.

"Ada Gapoktan yang menawarkan sayur-sayuran dengan harga rata-rata Rp5.000 per kilogram, pisang Rp3.000 per kilo, dan labu manis Rp2.000 per kilo. Selain itu juga, kemudian ada ikan nila dari pembudidaya binaan Dinas Perikanan seharga Rp25.000 per kilo dan ikan patin Rp20.000 per kilo ," kata Penjabat Bupati OKI Asmar Wijaya di sela-sela kegiatan Operasi Pasar Murah yang bertempat di Mapolsek Kayuagung, Selasa (27/2/2024).


Pada kegiatan itu beragam bahan pangan dari beras hingga ikan segar ditawarkan serta dijual dengan harga terjangkau.

Selain itu para pelaku UMKM lokal binaan Bhayangkari Polres OKI juga turut serta meramaikan dengan menawarkan pempek dan cemilan dengan harga Rp1.000-Rp1.500 per bungkus, kerupuk kemplang ikan gabus Rp120.000 per kilo dan kerupuk kemplang ikan kecil Rp60.000 per kilo.

"Semakin banyak yang ikut serta tentu perekonomian makin bergerak," ujar Asmar.

Sementara bahan pokok yang disiapkan Perumda Bende Seguguk siang itu yaitu sebanyak 250 paket beras dan minyak goreng dengan harga Rp65.000 per paket serta 150 Paket tebus murah senilai Rp70.000.

Isinya antara lain, setengah kilogram bawang merah, seperempat kg bawang putih, 15 butir telor ayam, 1 kg gula pasir, 1 kg tepung segitiga biru dan seliter minyak sayur.

"Operasi pasar murah ini untuk membantu masyarakat agar memiliki akses membeli bahan pangan dengan harga terjangkau. Mudah-mudahan dapat membantu," tutupnya.