Buku kenotariatan siber Ikano Unpad sumbangsih kepada ilmu pengetahuan

id Ikano Unpad,Buku Berbab,Book Chapter,Cyber Notary,Notaris Era Digital,Penggalangan Dana Abadi

Buku kenotariatan siber Ikano Unpad sumbangsih kepada ilmu pengetahuan

Kegiatan peluncuran buku berbab (book chapter) berjudul "Cyber Notary dan Tantangan Notaris di Era Digital" dan penggalangan dana bertajuk Unpad Endowment Fundraising 2023 dengan tema "From Us To Special One" oleh Ikano Unpad di salah satu hotel di Bandung, Sabtu (16/12/2023) malam. (ANTARA/Istimewa)

Bandung (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Notariat (Ikano) Universitas Padjadjaran (Unpad) meluncurkan buku berbab (book chapter) berjudul "Cyber Notary dan Tantangan Notaris di Era Digital" untuk meningkatkan layanan bidang kenotariatan.

Ketua Umum Ikano Unpad Ranti Fauza Mayana pada peluncuran buku berbab yang dilaksanakan di Bandung pada 16 Desember 2023 menyebut buku itu sebagai sumbangsih Ikano terhadap dunia ilmu pengetahuan, khususnya hukum kenotariatan.

"Ini bentuk nyata sumbangsih, khususnya berkenaan dengan kajian mengenai peluang peningkatan kualitas pelayanan di bidang kenotariatan, dengan memanfaatkan perkembangan digital dan teknologi yang tidak terelakkan lagi keberadaannya," kata Ranti di Bandung, Minggu.

Buku tersebut terdiri atas 12 artikel yang ditulis oleh alumni notariat Unpad dan dosen Fakultas Hukum Unpad.  Buku itu dibagi dalam dua bagian, pertama membahas "kajian perwujudan Konsep Cyber Notary pada hukum Kenotariatan nasional dan kedua membahas gagasan mengenai prospek Konsep Cyber Notary pada pelayanan Kenotariatan pada masa datang. 

Ranti berterima kasih kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo yang memberikan sumbangsih pemikiran mengenai kenotariatan siber (cyber notary) yang dikaji berdasarkan perspektif komprehensif meliputi peluang dan tantangan notaris di era digital.